5 Hal Tak Terduga Penyebab Munculnya Ketombe

39
ilustrasi

MataNaga – Ketombe merupakan keadaan kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Mempunyai ketombe di kepala nyatanya bisa menggangu rasa kepercayaan diri setiap orang. Pasalnya, pada beberapa orang, masalah ini menjadi semakin parah dan menyebabkan kepala terasa gatal.

Ketombe yang menyebabkan gatal di kepala membuat kita sering menggaruk kepala. Selan itu munculnya ketombe juga dapat menyebabkan masalah lain pada kepala kita, misalnya rambut mudah rontok dan rambut menjadi kering.

Ketombe sendiri bisa muncul akibat beberapa hal berikut ini. Lantas, apa saja penyebab ketombe bisa bersarang di kepalamu? Berikut ulasannya.

Kulit Iritasi

Kulit iritasi sering menyebabkan munculnya ketombe. Gejala yang muncul biasanya kulit berminyak berwarna merah dengan serpihan kulit putih atau sisik berwarna kekuningan. Ini bisa memengaruhi daerah tubuh lain yang kaya akan kelenjar minyak, misalnya alis mata, hidung bagian samping, tulang dada, selangkangan, dan ketiak.

Tidak Rajin Keramas

Rutinitas yang padat bukanlah alasan untuk tidak mencuci rambut. Kebiasaan buruk tersebut ternyata juga bisa menjadi penyebab rambut berketombe. Hal tersebut dikarenakan adanya penumpukan dari minyak dan sel kulit mati. Sehingga jika dibiarkan justru akan menimbulkan ketombe parah.

Ragi

Ragi merupakan salah satu bahan yang kerap digunakan untuk membuat roti. Namun, ragi yang berlebihan pada kulit kepala juga menyebabkan rambut berketombe. Tentu saja ragi satu ini berbeda dengan ragi yang biasa dicampurkan pada makanan.

Ragi tersebut merupakan bagian dari kulit kepala yang jika pertumbuhannya tidak terkontrol dapat menimbulkan ketombe.

Kulit Kering

Penyebab ketombe yang paling banyak ditemui adalah kondisi keringnya kulit kepala. Ciri-ciri dari rambut berketombe yang diakibatkan oleh kurangnya kelembapan pada scalp adalah ketombe dengan serpihan kecil. Selain itu, serpihan ketombenya juga tidak berminyak.

Sensitif Terhadap Produk Tertentu

Tidak semua orang cocok dengan produk rambut tertentu. Setiap kepala mempunyai tipe kulit kepala dan rambut yang berbeda. Terkadang seseorang memiliki kepekaan terhadap bahan atau produk tertentu dari perawatan rambut, misalnya seperti pewarna rambut.

Terlalu sering keramas dan menggunakan produk styling pun dapat membuat kulit kepala iritasi yang menimbulkan ketombe.