4 Cara Menghangatkan Tubuh pada Saat Kedinginan

43
ilustrasi.

MataNaga – Kedinginan dan menggigil adalah hal biasa yang semua orang pasti pernah mengalaminya. Banyak orang yang tidak kuat pada saat menghadapi udara dingin terutama yang tinggal di daerah tropis. Udara dingin juga banyak menyebabkan penyakit seperti flu dan batuk.

Kedinginan bisa menurunkan kekebalan tubuh dan membuat orang mudah terserang penyakit seperti sakit kepala dan influenza. Hal itu membuat orang sulit berpikir, serta menyebabkan kaki dan tangan kedinginan yang akhirnya juga menyulitkan orang melakukan aktivitas.

Namun, ada juga sebagian orang yang lebih rentan kedinginan dibanding yang lainnya. Lantas, bagaimana caranya untuk bisa menghangatkan tubuh pada saat terserang kedinginan? Berikut ulasannya.

Hindari Menggigil

Cara mengatasi kedinginanan yang pertama dengan menghindari menggigil. Menurut Loren Greenway, CEO dari Wilderness Medical Center di Utah, kita akan merasa kedinginan setiap kalinya tubuh berkontak langsung dengan udara atau sesuatu yang dingin.

Anda disarankan dapat melindungi diri dari dingin dengan menggunakan beberapa lapisan pakaian. Dimulai dari pakaian dalam, gunakan bahan yang tebal dan pastikan juga Anda mengenakan kaus kaki untuk menjaga kehangatan kaki.

Makan yang Banyak

Kemampuan tubuh dalam menahan dingin juga sangat bergantung pada pasokan zat besi dan kalsium dalam tubuh. Makanan yang banyak terkandung kalsium seperti produk susu kacang, rumput laut, kerang, tiram, sarden, dan udang.

Selain itu, makanan kaya zat besi adalah darah hewan, kuning telur, hati hewan, kedelai, biji wijen, dan jamur hitam.

Minum Banyak Air

Cara mengatasi kedinginan lainnya adalah dengan meminum banyak air. Pasalnya, dengan perut yang terisi, Anda akan langsung dapat merasa lebih hangat. Dengan sering minum air, tubuh Anda dapat lebih baik mentolerir udara dingin dengan mengimbangi asupan makanan dan minuman dalam tubuh.

Jaga Suhu Tubuh Inti Anda Agar tetap Hangat

Disaat merasa kedinginan, di situlah tanda bahwa Anda harus segera menghangatkan tubuh dengan cara bergerak. Beberapa aktivitas yang dapat Anda coba antara lain, berlari kecil di tempat, berjalan, senam wajah hingga stretching atau melakukan gerakan pereganggan.