Pertama Kali dalam 8 Tahun, Belanja Premier League Turun

41
Liga Inggris (Premier League).

Jakarta – Masih ada pembelian-pembelian mahal, tapi nilai belanja tim-tim Premier League tahun ini turun. Ini adalah penurunan pertama dalam delapan tahun.

Bursa transfer Premier League resmi ditutup pada Kamis (9/8/2018) waktu Inggris. Batas akhir bursa untuk musim panas ini memang dimajukan dari 31 Agustus.

Secara keseluruhan, total belanja pemain di musim panas ini adalah 1,2 miliar pound sterling atau sekitar Rp 22,2 triliun seperti dilansir BBC dari Deloitte. Jumlah ini turun dari angka belanja tahun lalu yang memecahkan rekor, yakni 1,4 miliar pound. Ini adalah kali pertama nilai belanja Premier League turun dalam delapan tahun terakhir.

Jumlah belanja di hari terakhir bursa transfer juga menurun, nyaris separuh dari tahun lalu. Musim panas ini angkanya hanya 110 juta pound atau sekitar Rp 2 triliun, sedangkan pada tahun lalu mencapai 210 juta pound atau Rp 3,9 triliun.

Namun demikian ada catatan khusus di bursa transfer musim panas ini. Mayoritas uang tim-tim Premier League dibelanjakan untuk pemain-pemain dari liga luar.

Secara keseluruhan, dana sebesar 880 juta pound atau sekitar Rp 16,3 triliun dihabiskan untuk merekrut pemain dari liga lain. Jumlah ini merupakan 72% dari total belanja Premier League.

Angka tersebut merupakan sebuah rekor, di mana musim lalu perekrutan pemain dari luar Premier League ‘hanya’ mencapai 770 juta pound atau sekitar Rp 14,3 triliun. Nilai tersebut berkontribusi sebesar 54% dari total belanja musim panas 2017.

BBC mencatat bahwa penurunan nilai belanja juga terjadi di Championship. Tahun ini angkanya adalah 155 juta pound, 40 juta pound lebih sedikit dari tahun lalu.

Terkait penurunan nilai belanja di Premier League, tak terlepas dari kurang agresifnya sejumlah tim top seperti Manchester United dan Tottenham Hotspur. MU cuma mendatangkan tiga pemain, yakni Fred (43,7 juta pound), Diogo Dalot (19 juta pound), dan Lee Grant (1,5 juta pound).

Sementara Spurs malah tak membeli satupun pemain.

Baca juga:

Everton Datangkan 2 Pemain Barcelona di Deadline Day

Tak Rekrut Satu Pemain Pun di Bursa Transfer, Spurs Catat Sejarah