5 Manfaat Rajin Minum Air Hangat

29
Ilustrasi. (Foto: NaijaFoodTherapy)

MataNaga – Dalam beberapa tahun terakhir atau mungkin sudah sejak dulu kala kita dianjurkan agar dapat minum 8 gelas air putih dalam satu hari. Tujuannya jelas agar tubuh kita tetap terhidrasi dan juga sehat.

Dalam hal ini, faktanya cukup banyak ternyata ada orang yang lebih suka minum air putih yang dingin atau suhu normal daripada air hangat.

Bagi mereka yang suka minum air hangat, mereka meyakini jika ada manfaat tertentu saat mengonsumsi air hangat tersebut.

Menurut pernyataan dari para ahli kesehatan, air hangat dipercaya dapat mengatur untuk suhu tubuh secara alami.

Dilansir dari Stylecraze, air hangat nyatanya memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

1. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin kurus atau mengurangi berat badan, mengonsumsi air hangat bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Air hangat dapat mempermudah metabolisme dalam tubuh serta membakar jaringan lemak dalam tubuh.

2. Memulihkan Sakit Tenggorokan

Air hangat juga bisa menyembuhkan kondisi tubuh yang sedang tidak fit alias sakit, batuk-batuk, dan juga sakit tenggorokan.

Air hangat juga bisa mencairkan dahak dengan mudah, sehingga batuk dapat sembuh lebih cepat.

3. Mengurangi Rasa Sakit atau Kram Perut Ketika Menstruasi

Air hangat memiliki manfaat untuk meredakan kram perut saat menstruasi. Kamu bisa menambahkan biji jintan ke dalam air hangat dan meminumnya saat menstruasi. Suhu hangat dari air bisa meredakan efek akibat otot perut penyebab kram.

4. Bisa Mendetoksifikasi Racun dalam Tubuh

Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan dan ingin melenyapkan segala racun dalam tubuh, air hangat dapat membantu dengan mengonsumsinya setiap pagi dan malam hari.

Saat Anda minum air hangat, suhu tubuh akan meningkat dan memunculkan keringat yang bisa mengeluarkan racun serta membersihkannya dalam tubuh.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Membersihkan Sistem Saraf

Minum air hangat juga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Seperti yang disebutkan pada bagian pertama, air hangat dapat membakar lemak jahat yang ada dalam tubuh, di saat itu jugalah air hangat berfungsi untuk membersihkan sistem saraf.