Gol Martial ke Gawang Newcastle Berharga Rp175 M untuk MU

28
Pemain Manchester United, Anthony Martial. (Foto: talkSPORT)

Jakarta – Satu gol Anthony Martial membantu Manchester United mencatatkan comeback gemilang saat menjamu Newcastle United. Tapi gol Martial itu tak murah.

Martial mencetak gol kedua MU saat menang 3-2 atas Newcastle di Old Trafford, Sabtu (6/10/2018) lalu. ‘Setan Merah’ lebih dulu tertinggal 0-2, kebobolan dua gol di 10 menit pertama.

Gol Juan Mata di menit ke-70 memperkecil ketertinggalan, lantas disusul gol Martial enam menit berselang yang jadi momentum untuk membalikkan keadaan. Alexis Sanchez lantas mencetak gol kemenangan di menit ke-90.

Menariknya, gol Martial yang krusial itu membuat MU harus menggelontorkan uang besar ke AS Monaco, mantan klub sang penyerang. Satu gol itu berarti Martial kini sudah bikin gol ke-25 di Premier League dan membuat salah satu klausul transfernya aktif.

Saat membeli Martial, MU punya klausul harus membayar 8,73 juta pound sterling jika si pemain mencetak 25 gol di liga. Maka kini MU pun harus membayar klausul tersebut.

Martial dibeli MU dengan harga pokok 36 juta pound, sehingga kini nilainya meningkat jadi 44,73 juta pound. Bagi Monaco, aktifnya klausul ini jadi kelegaan tersendiri karena Martial sempat puasa gol di liga selama delapan bulan.

Monaco sebenarnya masih mengikat MU dengan sejumlah klausul lainnya dalam transfer Martial, namun akan sulit terpenuhi. Dua di antaranya adalah klausul tampil 25 kali untuk tim nasional Prancis dan dinominasikan di Ballon d’Or sebelum akhir usim 2018/2019 ini.

Namun seperti diketahui Martial saat ini baru tampil 18 kali untuk timnas dan tak masuk nominasi Ballon d’Or yang sudah diumumkan pekan ini.

Adapun klausul 50% keuntungan dari penjualan Martial sudah hangus pada akhir musim lalu. Klausul itu menyatakan bahwa MU harus menyetorkan separuh keuntungan jika menjual Martial di rentang harga yang disepakati.