Ternyata ada Beberapa Cara Memotong Bawang tanpa Menangis?

38
(Foto: MataNaga)

MataNaga – Menangis saat memotong bawang adalah fakta umum. Nah, 5 tips ini bisa membantu Anda agar tidak menangis saat memotong bawang.

1. Bekukan bawang

Proses pendinginan akan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang diiris. Jadi, kupas bawang terlebih dahulu, kemudian masukkan ke dalam freezer. Tunggu beberapa saat, baru mulai mengiris. Walaupun tangan akan terasa dingin, tapi ini lebih baik dari pada menangis kan?

2. Rendam dalam air dingin

Merendam bawang dalam air dingin dapat memperlambat produksi gas. Tetapi ini tidak seefektif metode freezer. Saat mengirisnya harus lebih hati-hati, karena pisau akan terasa lebih licin saat dalam air. Walau bukan yang terbaik, namun cara ini lebih baik daripada tidak sama sekali.

3. Gunakan pisau yang sangat tajam

Memotong dengan pisau yang lebih tajam menyebabkan lebih sedikit kerusakan gas pada sel bawang. Sedangkan ketika pisau tersebut tumpul, maka gesekan yang berlebihan akan memancing keluarnya gas yang membuat mata kita perih.

4. Gigit roti di mulut

Mungkin ini terdengar aneh, tekstur roti yang kenyal, menyerap sebagian dari gas-gas yang menyebabkan kita mengeluarkan air mata. Jadi sebelum gas tersebut mengenai mata maupun hidung, akan terserap terlebih dulu oleh roti.

5. Pakai kacamata renang

Gunakan kacamata renang yang dapat menghambat gas pada bawang. Kalau kacamata hitam biasa tidak akan terlalu berfungsi, karena gas masih bisa menyelinap masuk ke hidung maupun mata.