6 Cara Menanggulangi Efek Negatif Rokok

1010
Menanggulangi Efek Negatif Rokok

MataNaga – Saat ini merokok sudah menjadi kebiasaan sehari-hari dan tidak bisa terpisahkan oleh sebagian banyak masyarakat. Kebanyakan dari pria dewasa yang mengkonsumsi rokok setiap harinya.

Di tempat manapun, rokok sudah hal yang biasa di jual di mana-mana dan sudah seperti makanan pokok setiap hari. Akan tetapi bukan hal positif yang didapat oleh rokok, melainkan beberapa penyakit ringan sampai penyakit mematikan turut ikut dalam komposisi pembuatan rokok dan berefek pada tubuh si pengguna.

Karenanya berhenti merokok lebih baik. Namun jika belum mampu maka menanggulangi efek buruk merokok bisa dikerjakan. Berikut cara meminimalisir dampak negatif akibat dari merokok yang bisa membuat paru-paru menjadi hitam dan serangan jantung yang sangat kejam.

Seperti apa pencegahannya? Simak di bawah ini.

Minum Air Putih

Air putih adalah salah satu cara untuk mengurangi dampak negatif akibat merokok dan berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa racun dalam tubuh dan bisa sedikit membersihkan paru-paru yang kotor akibat merokok dan mengeluarkan sisa-sisa nikotin yang terus menempel pada paru-paru akibat merokok.

Makanan Omega 3

Sebenarnya kandungan omega 3 lebih spesifik untuk menambah kecerdasan otak dan memberikan nutrisi otak yang cukup untuk meningkatkan kinerja otak pada manusia pada umumnya. Akan tetapi tidak hanya disitu saja ternyata manfaat dari makanan yang mengandung omega-3.

Manfaat lain adalah mengurangi resiko untuk serangan Jantung dan memperkecil resiko kematian mendadak dari serangan Jantung tersebut. Karna rokok tidak bisa dipisahkan dari Penyakit jantung. Alangkah baiknya tiap hari mengkonsumsi salah satu makanan yang mengandung omega-3 untuk mengurangi dampak Negatif akibat merokok.

Beberapa makanan yang mengandung Omega-3 antara lain: Telur, Ikan Salmon, Jenis kacang-kacangan, Ikan sarden, Ikan tuna, Daging Sapi dan Susu Sapi, Sayur bayam, Minyak Zaitun.

Hentikan Aktifitas Merokok 12 Jam Saja

Pernyataan itu sepertinya terlalu sulit dilakukan oleh pecandu rokok Aktif. Walau hanya sekedar 12 jam saja, Rata-rata orang tetap sulit untuk mengubah kebiasaan mereka merokok dan menghentikannya selama setengah hari penuh.

Padahal hanya dengan berhenti merokok selama 12 jam, Proses di dalam tubuh dengan sendiri akan melakukan Proses penyembuhan secara bertahap untuk membersihkan paru-paru yang kotor yang disebabkan oleh karbon monoksida dan nikotin yang mereka hisap.

Mengonsumsi Antioksidan

Makanan sejenis ini adalah biasanya disebut zat antioksidan yang bisa berfungsi untuk menghilangkan efek dari radikal bebas yang terjadi di dalam oksigen. Terlebih radikal bebas berfungsi memberi sel jahat dalam tubuh seperti serangan jantung, kanker, penuaan dini, tekanan darah tinggi dan lain-lain.

Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung zat antioksidan di antara lain kacang-kacangan, aneka berry, dan beragam sayuran.

Melatih Sistem Pernafasan Paru-paru

Cara yang satu ini sebenarnya lumayan memberikan dampak yang besar jika dilakukan secara rutin. Karena secara tidak sadar, angka kehidupan kita yang paling utama adalah bergantung pada kapasitas paru-paru.

Dengan melakukan latihan seperti bermain terompet, saksofon, dan peluit. Cara tersebut bermanfaat untuk menambah kapasitas daya nafas dari seorang manusia untuk bisa meningkatkan daya Nafas dan bisa membersihkan paru-paru.

Gunakanlah cara ini minimal 10-20 menit sehari untuk senantiasa menjaga agar paru-paru tetap terjaga dan  tentunya bisa memberi manfaat lain antara lain menambah kapasitas pernafasan.

Jeruk Nipis

Ya, jeruk nipis baru-baru ini diteliti dan di anaisis melalui alat GC-MS mampu menurunkan kadar nikotin dalam rokok sebesar 70,65 persen. Namun sebenarnya jeruk nipis adalah salah satu alternatif untuk berhenti merokok.

Dengan rutin mengonsumsi jeruk nipis misalnya dalam bentuk minuman. Akan senantiasa menghilangkan dan sekaligus menurunkan kadar nikotin dalam rokok.