5 Cara Alami Bikin Ketombe Tak Balik Lagi

352
Cara Ketombe Tak Balik Lagi

MataNaga – Ketombe adalah kondisi di mana kulit kepala mengelupas menjadi serpihan yang jatuh. Ketombe dapat disebabkan oleh beragam hal, mulai kulit kepala kering, hingga adanya penyakit tertentu.

Munculnya ketombe mungkin membuat Anda malu. Jika Anda sudah mencoba beragam sampo, namun hasilnya masih nihil, cobalah beragam cara menghilangkan ketombe secara alami di bawah ini. Mudah, dan dipercaya ampuh usir ketombe.

Seperti apa? Simak uraiannya berikut.

Pijat Kulit Kepala dengan Minyak Kelapa

Memijat kulit kepala dengan minyak kelapa dipercaya dapat mengurangi ketombe. Pastikan minyak kelapa mengenai bagian kulit kepala Anda. Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan minyak jojoba dan almond yang cara mengaplikasikannya sama.

Gunakan Minyak Zaitun

Sebelum mencuci rambut, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun di bagian kulit kepala, lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Menggunakan minyak zaitun sebelum mencuci rambut juga dipercaya dapat menghilangkan ketombe.

Gunakan Lemon

Asam yang terkandung di dalam lemon dipercaya efektif untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan mengatasi serpihan ketombe. Caranya, campurkan 250 ml air dengan satu sendok teh perasan jeruk lemon.

Setelah itu, oleskan ke bagian kulit kepala dan diamkan selama tidak lebih dari 2 menit. Membiarkan campuran lemon lebih lama di kulit kepala Anda dapat merubah warna rambut dan membuat kulit kepala semakin kering.

Oleskan Cuka Sari Apel

Selain lemon, cuka sari apel juga dipercaya dapat mengatasi masalah ketombe. Caranya, cukup dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka sari apel dengan segelas air.

Lalu, gunakan setelah Anda mencuci bersih rambut Anda. Dan kemudian diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

Gunakan Masker Lidah Buaya

Kandungan di dalam lidah buaya tidak hanya dipercaya dapat menghilangkan ketombe, tapi juga gatal pada kulit kepala. Caranya adalah dengan mengoleskan lendir lidah buaya langsung ke kulit kepala Anda. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

Selain beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami di atas, Anda juga dapat menghilangkan ketombe dengan rutin keramas dan memilih sampo dengan kandungan yang tepat.