5 Film Superhero Terbaik Sepanjang Masa

29
The Dark Knight
The Dark Knight. (Foto: IGN.com)

MataNaga – Film-film superhero sering kali mendominasi layar lebar di bioskop-bioskop kesayangan kita. Banyak di antaranya yang memecahkan berbagai rekor penonton, rekor penghasilan, beserta penghargaan-penghargaan bergengsi di dunia film.

Menyaksikan film-film superhero bukan lagi sekadar kesenangan bagi anak-anak, sebab tidak sedikit orang dewasa yang menikmatinya, bahkan lebih serius menelaahnya. Film superhero adalah salah alasan terbaik untuk datang ke bioskop bersama keluarga.

Namun apa saja film superhero yang dianggap terbaik dari segi cerita, efeknya, atau faktor-faktor teknis sebagai akting para aktor dan aktrisnya? Berikut adalah susunan 5 film superhero terbaik yang seharusnya Anda saksikan lagi dan lagi.

 

1. The Dark Knight (2008)

The Dark Knight

Batman adalah salah satu superhero paling laris dari semesta DC. Dia diadaptasi ke dalam film, series, ataupun kartun yang berakhir dengan sangat laku. Action figure-nya diburu oleh banyak orang, dan salah satu film terbaik dari Batman adalah The Dark Knight keluaran tahun 2008 yang dibesut oleh Christopher Nolan.

Christian Bale memerankan sang jagoan pahlawan Gotham, dengan Heath Ledger memainkan perannya sebagai Joker dengan sangat ikonik. Akting Ledger pada film ini terbilang berhasil menghidupkan cerita secara keseluruhan.

Itu dari para aktor, di sisi lain, Nolan mengemasnya dengan cerita yang sangat brilian, menciptakan berbagai plot menarik yang sulit ditebak. The Dark Knight adalah keluaran kedua dari The Dark Knight Trilogy yang semuanya dibesut oleh sutradara yang sama. Film ini sangat sayang dilewatkan jika Anda merupakan penggemar film superhero.

2. Black Panther (2018)

Black Panther

Tidak ada yang cukup mengenal siapa sebenarnya Black Panther dalam semesta Marvel sebelum film ini dirilis pada tahun 2018 lalu. Namun kemunculannya sangat disambut baik oleh para penikmat film, hingga digadang-gadang sebagai film terbaik dari MCU (Marvel Cinematic Universe).

Dalam sekejap, Black Panther menjadi salah satu idola di kalangan fans Marvel yang bahkan membawanya ke level yang setara dengan Iron Man dan Captain America. Jargon “Wakanda Forever” memenuhi ruang-ruang ramai di media sosial, dan film rilisan kedua yang dijadwalkan untuk tayang pada 2022, tak sabar dinanti para fans.

3. Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018)

Spider-Man: Into the Spider-Verse

Spider-Man: Into the Spider-Verse bukanlah bagian dari semesta sinematik Marvel yang memiliki para penggemar setia, namun itu tidak menghentikan mereka untuk meraup keuntungan besar dalam penayangannya. Film ini dianggap sebagai salah satu film superhero terbaik sepanjang masa setelah memenangkan berbagai penghargaan bergengsi seperti Golden Globe dan juga Oscar.

4. Watchmen (2009)

Watchmen

Tentang Watchmen, film ini memang tidak sepopuler The Avengers atau Justice League, para kumpulan superhero terbaik yang dikenal banyak orang. Watchmen juga merupakan kumpulan para superhero seperti layaknya kedua film tersebut, dan dia menyajikan cerita yang sangat berbeda ketimbang kedua film populer tersebut.

Jika Anda sudah menyaksikannya namun tidak merasa bahwa itu film bagus, maka mungkin Anda belum benar-benar memahaminya. Plot dari Watchmen memang agak sulit dicerna karena memiliki cerita yang jauh lebih gelap ketimbang film superhero kebanyakan.

5. Iron Man (2008)

Iron Man

Inilah film yang mengawali semesta sinematik Marvel, dan film ini melakukan tugasnya dengan sangat baik untuk meraih fans-fans baru. Robert Downey Jr berhasil memerankan Tony Stark dengan sangat baik hingga menghasilkan 582,2 juta dollar Amerika Serikat.

Film ini dikemas dengan cerita yang ringan, mudah dicerna, beserta dengan humor-humor segarnya, dan tak lupa berbagai efek yang membuat pengalaman menonton menjadi menyenangkan.