Kenali 10 Kebiasaan Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Jarang Diketahui

16
10 Kebiasaan Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Jarang Diketahui
10 Kebiasaan Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Jarang Diketahui. Foto: (Klikdokter)

Jakarta – Rasa sakit pada pinggang belakang dapat membuat kita tidak nyaman. Sakit pinggang belakang dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia, karena berbagai alasan. Karena itu, jangan meremehkan hal itu karena kalau didiamkan dapat menyebabkan nyeri berkepanjangan.

Bahkan gara-gara sakit pinggang belakang, kita bisa tidak beraktivitas seperti biasanya. Kita harus ke dokter untuk segera mengatasi hal itu.

Berikut kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan sakit pinggang belakang dikutip dari WebMD:

1. Duduk Membungkuk

Duduk membungkuk berlawanan dengan pergerakan secara alami tulang belakang Anda. Membungkuk ke depan juga memberi tekanan lebih besar pada pinggang bawah Anda. Regangkan dan gerakkan kepala dan leher Anda dengan lembut ke atas dan ke bawah dan ke kanan dan kiri setiap setengah jam.

Untuk meringankan rasa sakit, kompres es ke area tersebut. Pastikan untuk menutupi kulit dengan handuk atau kain ringan terlebih dahulu. Temui dokter Anda jika rasa sakit tidak menghilang.

2. Tidur di Kasur yang Salah

Kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan sakit pinggang belakang yakni tidur di kasur yang salah. Kasur yang baik harus cukup kuat untuk menopang punggung Anda, tetapi cukup lembut agar sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Kasur ideal Anda dapat bergantung pada cara Anda tidur.

Anda lebih baik tidur terlentang jika menderita sakit pinggang belakang. Memang sulit untuk mengubah cara Anda tidur karena hal itu sudah menjadi kebiasaan yang sudah lama Anda lakukan.

Selipkan bantal di antara kaki Anda untuk menekan pinggul dan pinggang bagian belakang. Posisi ini bisa sangat nyaman bagi orang-orang yang sudah memiliki sakit pinggang belakang dan untuk wanita hamil.

3. Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama merupakan kebiasaan yang menyebabkan sakit pinggang belakang. Duduk seperti itu menekan otot punggung, leher, dan tulang belakang Anda. Bahkan duduk membungkuk membuat sakit pinggang belakang semakin buruk.

Duduk tegak di kursi yang menopang pinggang belakang dan atur ketinggiannya agar kaki Anda dapat beristirahat secara alami di lantai. Tetapi betapapun nyamannya Anda, pinggang Anda tidak akan suka duduk untuk waktu yang lama. Bangun dan bergeraklah selama beberapa menit setiap setengah jam untuk memberikan istirahat bagi tubuh Anda.

4. Memilih Makanan yang Salah

Memilih makanan yang salah dapat menyebabkan peradangan dan meninggalkan nutrisi yang Anda butuhkan untuk menjadi kuat. Tubuh Anda membutuhkan protein tanpa lemak, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, dan lemak sehat seperti yang berasal dari alpukat dan salmon untuk membangun otot, tulang, dan jaringan lunak yang kuat di pinggang Anda. Pastikan untuk mendapatkan nutrisi seperti kalsium, fosfor, dan vitamin D.

5. Jarang Olahraga

Tulang belakang Anda membutuhkan dukungan dari otot perut dan pinggang yang kuat. Mengangkat beban dapat membantu mengatasi sakit pinggang belakang. Begitu juga kegiatan sehari-hari seperti naik tangga dan membawa bahan makanan.

Latihan seperti berjalan, bersepeda, atau berenang dapat membantu melindungi pinggang bawah kamu. Lakukan hal itu setiap hari.

6. Merokok

Merokok disebut dapat menyebabkan sakit pinggang belakang. Hal itu dapat mengekang aliran darah, termasuk ke tulang belakang Anda. Bahkan batuk karena merokok dapat menyebabkan sakit pinggang belakang. Jika Anda merokok, berhentilah dan minta bantuan dokter.

7. Makan Terlalu Banyak

Makan terlalu banyak dapat meregangkan tulang dan otot di pinggang belakang Anda. Makan sedikit-sedikit agar tubuh Anda memiliki kesempatan untuk memberi tahu Anda bahwa makanan sudah kenyang. Pilih kudapan dan makanan yang penuh nutrisi agar Anda agar untuk kebutuhan kalori yang lebih sedikit. Jadi, jika Anda ngemil keripik atau makanan yang mengandung keju, cobalah makan beberapa sayuran dan yogurt tawar.

8. Membawa Barang Banyak dalam Tas

Beban berat dapat meregangkan pinggang dan melemaskan otot yang Anda butuhkan untuk menopang tulang belakang Anda. Anak-anak sekolah kerap membawa banyak buku. Ransel anak Anda tidak boleh berbobot lebih dari 20% dari berat badannya. Tali bahu yang besar, empuk, dan dapat disesuaikan membantu meringankan bobot tas.

9. Salah Beraktivitas di Sepeda

Kebiasaan yang menyebabkan sakit pinggang belakang lainnya yakni salah bersepeda. Ini buruk untuk pinggang bawah Anda jika Anda harus membungkuk untuk mengambil setang seperti yang dilakukan pengendara sepeda profesional. Anda juga mungkin menderita sakit pinggang bawah jika Anda mengalami kram di atas sepeda. Seorang ahli terapi fisik dapat membantu Anda menemukan sepeda yang tepat dan menyarankan latihan untuk membantu jika Anda memiliki sakit pinggang bagian belakang.

10. Lakukan Sit Up Tidak Benar

Melakukan sit up yang tidak benar dapat menyebabkan sakit pinggang belakang. Ketika otot-otot itu terlalu kuat atau terlalu ketat, maka dapat menarik tulang belakang bagian bawah, yang dapat menyebabkan rasa sakit.