Smart Masker dari Jepang, Selain Tangkal Corona Juga Bisa Menterjemahkan 8 Bahasa

13
Masker Pintar
Ilustrasi. (Foto: Teknologi.id)

Jakarta – Sebuah perusahaan startup di Jepang, Donut Robotics, mengembangkan masker pintar yang terhubung dengan internet. Tidak hanya menangkal virus Corona, masker ini bisa langsung menerjemahkan ucapan pemakainya ke berbagai bahasa.

Terhubung dengan ponsel maupun komputer melalui Bluetooth, masker pintar ini bisa melakukan apa saja. Mulai dari mentranskrip pembicaraan, menerjemahkannya, hingga mengoperasikan ponsel melalui perintah suara.

“Kami bekerja keras untuk mengembangkan robot dan kami menggunakan teknologi itu untuk membuat produk yang merespons bagaimana virus Corona telah mengubah bentuk masyarakat,” kata Taisuke Ono, chief executive Donut Robotics, dikutip dari Japantimes, Minggu (28/6/2020).

Ide mengembangkan masker pintar ini muncul dalam upaya agar perusahaan ini bisa bertahan hidup di tengah pandemi. Saat virus Corona menyerang, perusahaan ini baru saja membuat kontrak untuk menyediakan robot pemandu dan penerjemah di bandara Haneda, Tokyo.

Tak lama, pandemi virus Corona melumpuhkan sektor perjalanan udara. Artinya masa depan robot pemandu dan penerjemah di bandara jadi tak menentu.

Masker pintar ini akan mulai dipasarkan di Jepang pada September, dan akan dilanjutkan ke China, Amerika Serikat, dan Eropa. Ono mengklaim ada ketertarikan yang kuat terhadap produk ini.