Peneliti Temukan Sebab Utama Penyebaran Virus Corona

28
Scan Suhu Tubuh Guna Mengantisipasi Penyebaran Virus Corona
Scan Suhu Guna Mengantisipasi Penyebaran Virus Corona. (Ilustrasi: SuaraNTB)

Jakarta – Studi terbaru menunjukkan orang tanpa gejala (OTG) atau silent spreader jadi penyebab terus berlangsungnya pandemi virus Corona COVID-19 ini. Berdasarkan studi di Proceeding of National Academy of Sciences, menemukan penularan melalui OTG atau orang yang belum menunjukkan gejalanya menjadi penyebab utama penyebaran virus ini.

Peneliti dalam studi ini, yaitu Alison Galvani dan rekannya dari Yale University menggunakan model transmisi untuk membuktikan penyebaran dari OTG. Dari studi ini, para peneliti mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan.

Jumlah orang tanpa gejala yang ditemukan berkisar antara 17,9 sampai 30,8 persen dari total seluruh pasien. Dari perkiraan OTG sebanyak 17,9 persen, kemungkinan bisa menyebabkan penularan sebesar 48 persen. Sementara dari orang yang belum menunjukkan gejala, hanya sebesar 3,4 persen.

Sementara dengan perkiraan OTG sebanyak 30,8 persen, mereka memperkirakan bisa menyebabkan penularan sebesar 47 persen. Pada orang yang belum menunjukkan gejala, hanya berisiko menularkan virusnya sebesar 6,6 persen.

Mengutip dari CNN International, dari model transmisi tersebut para peneliti mengasumsikan bahwa COVID-19 bisa sangat menular saat berada pada tahap presimtomatik atau penyebaran tanpa adanya gejala dari OTG. Bahkan, peneliti mengatakan isolasi yang dilakukan pada semua kasus simptomatik tidak akan cukup untuk mengendalikan penyebaran ini.

Untuk menghentikan penularan sampai berada pada angka di bawah 1 persen dari populasi, studi ini menyarankan agar mengidentifikasi lebih sepertiga infeksi COVID-19 pada OTG. Tak hanya itu, pengujian yang masif serta pelacakan kontak untuk menemukan kasus baru juga bisa dilakukan untuk menekan peningkatan wabah ini.