Siapa Saja ke 3 Presiden di Amerika Latin Yang Terinfeksi Virus Corona?

35
Jair Bolsonaro
Benua Amerika juga disebut menjadi daerah episentrum COVID-19. (Foto: Axios)

Jakarta – Pandemi virus Corona masih berlangsung, bahkan kasus di belahan dunia terus melonjak tinggi, salah satunya di Benua Amerika. Selain China, Benua Amerika juga disebut menjadi daerah episentrum COVID-19 karena jumlah kasusnya yang terus meningkat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada akhir Mei 2020 lalu, menyebutkan kasus di kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan meningkat secara signifikan. Pandemi ini pun tak hanya menginfeksi orang-orang biasa dan petugas medis, para petinggi negara pun juga terinfeksi virus Corona ini.

Berikut deretan presiden di beberapa negara di Benua Amerika yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona, yang telah dirangkum matanaga.

1. Jair Bolsonaro, Presiden Brasil

Setelah menjalani tes COVID-19 pada Senin (6/7/2020), Presiden Brasil Jair Bolsonaro terkonfirmasi terinfeksi virus Corona. Hal ini pun disampaikannya melalui siaran televisi nasional setempat.

Bolsonaro mengatakan, sebelum terinfeksi ia mengalami demam dan hingga sampai saat ini masih dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang intensif.

Sebelumnya, Bolsonaro dikenal sebagai sosok yang kontroversial karena ucapannya yang menganggap COVID-19 ini sekedar flu ringan. Bahkan dirinya juga sering mengabaikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan, seperti melanggar jaga jarak sosial.

2. Juan Orlando Hernandez, Presiden Honduras

Pada Juni 2020 lalu, satu presiden di Benua Amerika kembali dikabarkan dirawat di rumah sakit karena pneumonia. Ia adalah Juan Orlando Hernandez, Presiden Honduras.

Setelah diperiksa lebih lanjut, Hernandez ternyata juga terinfeksi virus Corona. Setelah mengetahui hal itu, ia langsung dirawat di rumah sakit yang terletak di Ibu Kota Tegucigalpa.

Saat beberapa hari dirawat, Hernandez mengaku sempat kesulitan dalam bernapas sampai mengharuskannya menggunakan alat bantu napas yaitu ventilator. Ia pun dikabarkan telah keluar dari rumah sakit pekan lalu, tetapi masih belum dipastikan apakah ia sudah pulih atau belum.

3. Jeanine Anez, Presiden Bolivia

Beberapa waktu lalu Menteri Kesehatan Bolivia, Eidy Roca, dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Tetapi, kini hanya berselang beberapa hari Presiden Bolivia Jeanine Anez, juga positif terinfeksi COVID-19.

Hal ini diungkapkannya setelah menjalani serangkaian pemeriksaan pada Kamis (9/7/2020) lalu. Melalui akun Twitter miliknya, Anez mengabarkan bahwa kondisinya saat ini dinyatakan baik dan sedang menjalani isolasi.

Masih dalam Tweetnya yang dikutip dari Reuters, Presiden Bolivia ini mengaku masih tetap bekerja meskipun tengah menjalani prosedur isolasi. Selain Anez, ada tujuh menteri lainnya di Bolivia yang juga terinfeksi virus Corona ini.