3 Jenis Makanan yang Dapat Menurunkan Kualitas Sperma

28
Kwalitas Sperma
Ilustrasi. (Foto: Klikdokter)

Jakarta – Tingkat kesuburan pria ditentukan oleh kualitas sperma yang dimilikinya. Ini tentu akan menjadi penting bagi kamu yang ingin memiliki keturunan, sebab peluang untuk membuahi sel telur akan menjadi lebih besar jika kamu memiliki sperma yang sehat.

Namun, ada beberapa faktor yang membuat kualitas sperma jadi menurun dan salah satunya adalah asupan makanan. Berikut 3 jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari agar kesehatan sperma tetap terjaga, dikutip dari University of Chicago Medicine.

1. Daging olahan

Daging olahan memang kerap dikaitkan dengan sejumlah penyakit. Beberapa di antaranya sosis, salami, hingga dendeng merupakan jenis daging olahan yang sering dikonsumsi.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di Wiley Online Library di tahun 2017, mengonsumsi daging merah olahan dapat berpengaruh pada penurunan jumlah dan motilitas sperma. Motilitas sperma merupakan kemampuan sperma dalam bergerak dan berenang di dalam saluran reproduksi wanita.

2. Makanan berlemak trans

Lemak trans atau lemak jenuh memang dikenal dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Misalnya, obesitas, penyakit jantung, dan stroke.

Umumnya lemak jahat ini terdapat pada makanan yang diolah dengan cara digoreng. Faktanya, lemak trans juga dapat mempengaruhi kualitas sperma.

Ini dibuktikan dengan adanya penelitian di Spanyol pada 2011. Dalam studi tersebut menunjukkan adanya hubungan antara peningkatan asupan lemak trans dengan penurunan jumlah sperma.

3. Produk kedelai

Produk kedelai mengandung fitoestrogen, senyawa mirip estrogen yang berasal dari tanaman. Estrogen lebih dikenal sebagai hormon seks wanita.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada pria pasien klinik kesuburan di Boston, Amerika Serikat, mengungkap bahwa asupan kedelai yang berlebihan dapat menurunkan kualitas sperma. Studi ini pun telah diterbitkan di National Library of Medicine pada 2008.