Hal Apa Saja Yang Perlu di Perhatikan Agar Bisa Cepat Tidur dan Bangun Pagi

25
6 Cara Cepat Tidur dan Bisa Bangun Pagi
Ilustrasi. (Foto: Gogobli.com)

Matanaga – Susah tidur di malam hari kerap berimbas pada bangun tidur molor dari rencana semula. Kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain itu, dampaknya bisa memengaruhi suasana hati sampai bikin susah konsentrasi. Susah tidur di malam hari dan bangun kesiangan bisa disebabkan banyak hal.

Melansir Healthline, berikut beberapa penyebab kenapa seseorang susah tidur cepat dan bangun terlambat keesokan harinya: Tidur tak lelap karena parasomia Sleep apnea karena henti napas saat tidur Stres atau gangguan kecemasan Gangguan ritme sirkadian Efek samping obat-obatan tertentu Penyakit kronis.

Apabila susah tidur tidak disebabkan masalah kesehatan penyerta, ada beberapa hal yang bisa dilakukan para penderita insomnia. Berikut beberapa cara agar cepat tidur dan bisa bangun pagi:

1. Bangun jadwal tidur yang rutin

Berangkat tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari adalah cara terbaik untuk menjaga ritme tidur teratur. Coba cari kebutuhan waktu tidur Anda, biasanya orang dewasa membutuhkan tidur selama tujuh jam di malam hari agar bisa bangun dalam keadaan bugar.

Setelah itu, tentukan jam berangkat dan bangun tidur. Patuhi jadwal tersebut, termasuk di hari libur.

2. Siapkan tubuh sebelum tidur

Beberapa orang tanpa sadar melakukan aktivitas yang bisa mengganggu ritme sirkadian. Beberapa di antaranya adalah minum kafein dekat dengan waktu tidur, bermain gawai sebelym tidur, dan tidur siang terlalu lama. Untuk melatih tidur lebih awal, coba bangun rutinitas yang bisa bikin rileks sebelum tidur. Misalkan membaca atau mandi air hangat.

3. Jauhkan alarm dari tempat tidur

Banyak orang yang gemar mematikan alarm atau menunda alarm agar bisa tidur lebih lama. Solusinya, jauhkan alarm dari tempat tidur tapi suaranya masih cukup terdengar dan bikin Anda terjaga. Dengan begitu, Anda perlu bangun dan bergeser dari tempat tidur untuk mematikan alarm.

4. Perbaiki pola makan

Pola makan sehat juga bisa jadi solusi cepar tidur untuk penderita insomnia. Makanan sehat dapat meningkatkan energi dan menjaga kualitas tidur. Sedangkan makanan tinggi lemak jenuh dan tak sehat bisa menguras energi. Usahakan untuk memenuhi pola gizi seimbang dan makan asupan sehat seperti buah, sayur, biji-bijian, dan makanan tinggi asam lemak omega-3.

5. Olahraga secara teratur

Olahraga juga bisa jadi cara cepat tidur dan bangun pagi. Aktivitas fisik ini terbukti ampuh mengatasi insomsia, gangguan kecemasan, stres, sekaligus depresi. Olahraga juga bisa meningkatkan tingkat energi dan mencegah kelelahan.

6. Cukup paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari di siang hari dapat membantu mengatur ritme sirkadian. Jika Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup, suasana hati dan tingkat energi bisa meningkat di siang hari. Biasakan untuk segera membuka tirai jendela setelah bangun pagi, lalu hirup udara, dan jalan-jalan sebentar di luar kamar.