Para Ahli Meyakinkan Bahwa Konsumsi Bawang Putih Bisa Kontrol Kolesterol Adalah Mitos

17
Bawang Putih
Benarkah Konsumsi Bawang Putih Bisa Kontrol Kolesterol? . (Foto: Matakota)

Jakarta – Hari Raya Idul Adha kali ini memang berbeda karena pandemi Corona, tetapi perayaannya tentu tidak pernah lepas dengan makan daging sapi atau kambing. Saat makan daging, tidak sedikit yang khawatir kalau kolesterol jadi naik.

Seperti yang sempat dijelaskan dr Vito A Damay, SpJP, spesialis jantung di RS Siloam Lippo Village, yang mengatakan bahwa kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan penyempitan dinding pembuluh darah dan berujung pada serangan jantung.

“Kolesterol jahat menumpuk di dinding pembuluh darah menyebabkan penyempitan pembuluh darah jantung dan ujungnya potensi serangan jantung,” ucap dr Vito, Selasa (28/07/2020).

Penyakit serius yang dialami oleh para pemilik kolesterol tinggi ini, sontak membuat mereka mencari berbagai obat alternatif yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya dengan mengkonsumsi bawang putih. Benarkah efektif?

dr Tan Shot Yen sendiri dengan tegas menyatakan bahwa bawang putih tidak bisa mengurangi kadar kolesterol seseorang.

“Kalau memang bisa (menyembuhkan kolesterol dengan bawang putih), dokter ngapain kasih resep obat. Anjurkan saja pasien makan bawang putih banyak-banyak atau beli ‘kapsul ajaib’ isi bawang putih,” ujar dr Tan Shot Yen di kediamannya pada hari Kamis (30/07/2020).

Dikutip dari Healthline, terdapat sebuah penelitian meta-analisis tahun 2009 yang menyatakan bahwa bawang puting tidak dapat mengurangi kolesterol secara khusus. Akan tetapi konsumsi bawang putih memang baik untuk kesehatan tubuh.

Sementara itu, WebMD melaporkan sebuah penelitian menguji konsumsi bawang putih mentah dan dua suplemen bawang putih, terhadap 200 orang dewasa dengan kadar kolesterol yang cukup tinggi. Setelah enam bulan, pasien tidak menunjukkan adanya perbaikan kadar kolesterol rata-rata atau lemak darah lainnya.

Oleh sebab itu, pernyataan bahwa bawang putih ampuh merendahkan kadar kolesterol adalah mitos. Jika kamu ingin merendahkan kadar kolesterol, rajinlah berolahraga, konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, serta kurangi menyantap makanan berlemak, berminyak, dan kadar gula yang tinggi.