Tim ahli WHO Belum Dapat Memastikan Hewan Yang Menjadi Sumber Penularan Corona Pertama di Wuhan

27
Asal-Usul virus Corona
WHO Tak Bisa Pastikan Hewan Jadi Sumber Penularan Corona Pertama di Wuhan. (Ilustrasi Foto: Klikdokter)

Jakarta – Hingga kini, asal-usul virus Corona masih menjadi pertanyaan banyak orang termasuk para ilmuwan di dunia. Sebelumnya, kasus virus Corona COVID-19 sendiri pertama kali dilaporkan terjadi di Wuhan, China. Kala itu kasus Corona masih diidentifikasi sebagai ‘wabah pneumonia misterius’.

Dikutip dari Xinhua, pakar senior atau kepala program kedaruratan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan Wuhan belum tentu menjadi tempat pertama kali virus Corona menyebar atau berpindah dari hewan ke manusia.

“Fakta bahwa ancaman virus Corona pertama kali merebak di Wuhan, tidak berarti bahwa di situlah penyakit tersebut berpindah dari hewan ke manusia,” kata dr Michael Ryan, pakar darurat WHO, Senin (3/8/2020).

Michael Ryan mengatakan pada pengarahan rutin COVID-19, bahwa ‘studi epidemiologi pengambilan data yang jauh lebih luas’ harus dilakukan untuk memahami sepenuhnya hubungan antara kasus-kasus tersebut. Dia menekankan perlunya memulai studi pada kasus Corona yang dilaporkan pertama kali di manusia. Bertujuan untuk secara sistematis mencari sinyal pertama di mana hewan menjadi inang yang menyebarkan virus Corona ke manusia.

Tim ahli WHO melakukan perjalanan ke China dalam persiapan untuk misi internasional demi mengidentifikasi sumber zoonosis COVID-19, telah menyelesaikan misinya baru-baru ini, menurut pakar WHO. Studi selanjutnya akan didasarkan pada investigasi awal yang dilakukan oleh para ahli China di sekitar pasar makanan laut Wuhan.

Ryan juga mencatat bahwa WHO bergerak maju dengan menyetujui tim internasional, dan memastikan bahwa para ahli yang tepat akan tersedia untuk bekerja dengan rekan-rekan China. Demi merancang dan melaksanakan studi lebih lanjut.