Saat Kembali Beraktivitas di Kantor, Hal Apa Saja Yang Perlu di Hindari?

32
Ganti Salam Biasa dengan Siku
Selama Pandemi Corona, Ganti Salam Biasa dengan Siku. (Foto: Voi.id)

Jakarta – Aktivitas perkantoran sudah mulai kembali berjalan walaupun masih berada di dalam masa pandemi. Penerapan protokol kesehatan pun dilakukan sesuai dengan anjuran Kemenkes agar bisa menekan penyebaran yang terjadi.

Namun, masyarakat khususnya para karyawan harus tetap waspada mengingat dari beberapa berita terkini muncul klaster-klaster penyebaran yang terjadi diperkantoran. Sementara berdasarkan data yang di unggah BNPB Indonesia per 5 Agustus 2020, terus terjadi penambahan kasus positif Corona di Indonesia yang saat ini sudah mencapai sekitar 115.051 kasus.

Tentunya agar kasus-kasus penyebaran tidak semakin meningkat, perlu langkah-langkah efektif yang harus dilakukan setiap individu agar mata rantai COVID-19 bisa segera diputus. Melansir dari pedoman kesehatan WHO & Center for Disease Control, berikut ini beberapa cara untuk menghindari COVID-19 saat beraktivitas di kantor.

Jangan Berkumpul

Saat melakukan rapat pekerjaan atau gathering biasanya banyak yang masih tidak menggunakan masker dengan berbagai alasan. Sebaiknya hal ini dihindari dan jangan sampai tidak menggunakan masker. Jika memang terpaksa batasi jumlah peserta rapat dan kemudian terapkan protokol physical distancing dengan jarak minimum 2 meter.

Selalu Pakai Masker

Saat bertemu rekan kerja, sesama teman, atau keluarga dari daerah lain sebaiknya selalu menggunakan masker. Hal itu karena banyak orang yang bisa menyebarkan virus COVID-19 tanpa gejala terinfeksi. Oleh karena itu penggunaan masker wajib untuk diterapkan saat mulai kembali berkantor.

Ganti Salam Biasa dengan Siku

Dalam membangun relasi di kantor banyak orang yang bersalam-salaman untuk mencairkan suasana atau berkenalan. Namun hal ini perlu diubah dengan metode bersalaman baru yang aman. Bersalaman dengan siku bisa diterapkan, sehingga telapak tangan tidak bersentuhan dan menyebarkan virus.

Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan selama 20 detik setelah bepergian dari atau menuju kantor. Banyak perkantoran yang sudah menyediakan tempat cuci tangan sebelum masuk ke dalam gedung. Dengan mencuci tangan maka bisa mengurangi risiko COVID-19.

Nah, selain memperhatikan kebersihan diri beberapa cara di atas, perlu juga menjaga tubuh agar tetap fit saat menjalani pekerjaan. Anda pun dapat berolahraga secara teratur dan mengonsumsi vitamin seperti Samcorbex.

Itulah beberapa hal yang harus di perhartikan saat kita beraktivitas di kantor selama masa pandemi virus corona.