Susah BAB di Pagi Hari? 5 Asupan ini Dapat Membantu Mengatasinya

16
Susah BAB bikin perut tidak nyaman
Susah BAB bikin perut tidak nyaman. (Foto: Klikdokter)

Jakarta – Perut terasa penuh tetapi susah buang air besar (BAB)? Ada banyak kemungkinan penyebabnya, namun yang paling umum adalah pola makan yang kurang serat.

Kondisi ini kerap disepelekan, tetapi sebenarnya berdampak sangat serius. Selain menyebabkan perut terasa tidak nyaman, susah BAB dalam jangka panjang juga bisa memicu wasir atau hemorhoid.

Bagi yang punya riwayat gangguan jantung, susah BAB juga bisa berakibat fatal. Terlalu kuat mengejan agar bisa BAB bisa memberi tekanan ekstra pada jantung sehingga meningkatkan risiko kolaps.

Nah agar tidak berakibat lebih buruk, berikut 5 asupan untuk membantu mengatasi susah BAB secara alami, dikutip dari berbagai sumber:

1. Air putih

Air putih memang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak hanya menghilangkan dehidrasi, air putih juga membantu melancarkan pencernaan dan menghilangkan sembelit.

2. Kopi

Manfaat kopi tidak hanya membuat tubuh menjadi segar dan waspada, kandungan kafein juga dapat menstimulasi kontraksi di usus besar. Sehingga, memperlancar buang air besar.

3. Oatmeal

Kandungan serat dalam oatmeal dapat membantu menyerap air dan melunakkan feses. Sehingga, membuat feses mudah dikeluarkan. Selain itu, oatmeal juga mengandung serat larut yang dapat meningkatkan feses menjadi padat dan melancarkan kerja usus dalam tubuh.

4. Apel

Apel merupakan salah satu buah kaya akan serat. Kandungan serat membantu usus bekerja untuk mencerna makanan, sehingga melancarkan BAB. Pastikan juga memakan kulit apel, karena dapat memperlancar pencernaan secara alami.

5. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa yang disebut Sulforaphane. Senyawa tersebut memberikan manfaat bagi tubuh, yaitu membantu mengatur bakteri di usus agar pencernaan lancar dan mudah BAB.