Sembuh dari COVID-19, Iis Sugianto Berbagi Pengalaman di Channel Youtube Miliknya

18
Sembuh dari COVID-19, Iis Sugianto Berbagi Pengalaman di Channel Youtube Miliknya
Ilustrasi COVID-19. (Foto: Pikiran Rakyat)

Jakarta – Iis Sugianto mengabarkan dirinya kini sudah sembuh dari COVID-19. Sebelumnya, ia dirawat selama 3 minggu di rumah sakit.

Melalui channel YouTube miliknya, Iis Sugianto membagikan pengalaman tersebut. Sebelumnya, ia dinyatakan terkena tifus.

“Bermula dari suhu tubuh yang naik turun, kadang suhu panas, tiba-tiba normal kembali. Karena itu saya memberanikan diri memeriksa ke lab dan dinyatakan sakit tipes,” kata Iis Sugianto.

Pada hari ketiga, sakit tersebut tidak kunjung membaik. Ia kemudian kembali memeriksakan diri ke rumah sakit. Penyanyi era ’80-an itu kembali didiagnosa sakit tifus.

Tak lama setelah itu, ia diminta menjalani tes swab. Hal itu dilakukan setelah diketahui ada lendir di paru-parunya.

“Jam 11 pagi dokter internis datang, ‘Bu Iis kelihatannya hasil toraks Bu Iis mencurigakan. Paru-paru Bu Iis seperti ada lendir, Bu Iis harus swab ya’,” ujar Iis.

“Kira-kira jam 4 sore dokter datang (bilang) ‘Bu Iis COVID, nggak bisa tinggal di rumah sakit ini karena tidak menerima pasien COVID, jadi Bu Iis mohon maaf harus kita pindahkan hari itu juga’,” lanjutnya.

Iis Sugianto mengaku dirinya hampir putus asa. Ia bahkan sempat merasa ini adalah akhir dari hidupnya. Sampai-sampai, Iis Sugianto sempat ingin menulis surat wasiat untuk ketiga anaknya.

“Yang ada di pikiran saya saat itu adalah anak-anak. Saya dalam keadaan yang 50 persen sembuh, 50 persen inilah akhir hidup saya,” ucapnya.

“Saya ingin sekali menitipkan pesan lewat surat satu-satu pada anak-anak. Pesan terakhir kepada anak-anak, buat Nadia, Shana, Aziz, itu yang ada dalam pikiran saya,” kata Iis.

Namun berkat semangatnya juga akhirnya dokter menyatakan Iis Sugianto sembuh dari COVID-19. Tepat pada 1 September 2020 ia pulang ke rumah setelah menjalani perawatan dan tidak bertemu anak-anaknya sama sekali.