Timnas U-19 Diberangkatkan ke Spanyol

31
Timnas U-19
Timnas U-19. (Foto: PSSI)

Jakarta – Piala Dunia U-20 batal digelar tahun depan, tapi Timnas Indonesia U-19 akan tetap diberangkatkan PSSI ke Spanyol untuk menjalani pemusatan latihan alias TC.

Timnas U-19 rencananya akan berangkat ke Spanyol pada Sabtu hari (26/12/2020) besok. Bagas Kaffa cs diberangkatkan ke Spanyol untuk menjalani TC lanjutan di luar negeri.

TC itu awalnya digelar sebagai rangkaian persiapan menuju Piala Dunia U-20, yang awalnya akan digelar Indonesia pada tahun 2021 mendatang. Kini gelaran Piala Dunia U-20 2021 telah dibatalkan. FIFA memutuskannya untuk digeser ke tahun 2023.

Dengan kata lain, Indonesia tertunda menjadi tuan rumah ajang dua tahunan itu. Tahun depan takkan ada pula ajang tersebut. Tapi PSSI rupanya akan tetap tetap memberangkatkan Garuda Muda ke Negeri Matador.

Dikatakan PSSI, sekalipun tahun depan tak ada Piala Dunia U-20, TC Timnas Indonesia U-19 di Spanyol tetap bisa dimanfaatkan sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19. Ajang itu, yang juga sempat tertunda, akan digelar pada 3-20 Maret 2021.

“Ada Piala Asia (U-19),” kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri kepada detikSport soal alasan Timnas U-19 tetap ke Spanyol.

“Karena Timnas U-19 masih akan ikut Piala Asia di Uzbekistan. Semua program tetap akan jalan,” ujarnya lagi.

“Timnas U-19 dipersiapkan untuk Piala Asia di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Kalau Piala Dunia batal, berarti sekarang targetnya ke Piala Asia di Uzbekistan,” ujarnya.

Ini bukan kali pertama buat Timnas U-19 mendapat kabar penundaan event sebelum berangkat latihan ke luar negeri. Beberapa hari sebelum Timnas U-19 berangkat ke Kroasia pada akhir Agustus lalu juga santer kabar penundaan Piala Asia U-19 dari jadwal awal.

Penundaan kemudian menjadi kenyataan setelah keluarnya keputusan AFC pada 10 September saat Timnas Indonesia U-19 sudah berlatih di Kroasia. Saat itu PSSI sudah memprediksi Piala Asia U-19 akan ditunda. Keputusan untuk tetap memberangkatkan Timnas U-19 TC di Kroasia dikatakan demi persiapan menuju Piala Dunia U-20.