5 Festival Aneh yang Akan Bikin Anda Tak Habis Pikir

255
Saidai-ji Eyo Hadaka Matsuri, Jepang.

MataNaga – Beberapa orang menghadiri festival-festival di berbagai belahan dunia sebagai salah satu destinasi wisata. Festival paling terkenal barangkali adalah festival Rio de Janeiro yang dianggap parade terbesar di dunia.

Dari sekian banyak peradaban dunia, terkadang kebudayaan asing terlihat aneh di mata dunia. Termasuk beberapa festival yang masih dilakukan hingga kini. Tak hanya unik, kelima festival ini membuat siapa saja keheranan saking anehnya.

Saidai-ji Eyo Hadaka Matsuri, Jepang

Jika Anda mengidap claustrophobia, maka festival ini bukan untuk Anda. Saidai-je Eyo Hadaka Matsuri diadakan di Tokyo setiap hari Sabtu ketiga pada Februari tiap tahunnya.

Seorang pendeta akan melemparkan tongkat suci ke dalam sebuah gelanggang berisi sekitar 9 ribu pria nyaris bugil. Mereka harus bergulat untuk mendapatkan tongkat tersebut dan meletakkannya di sebuah mangkuk berisi beras. Tradisi ini melambangkan harapan akan tahun yang penuh kebahagiaan.

Thaipusam, Singapura dan Malaysia

Festival paling ekstrem dan gila ini diadakan oleh komunitas Tamil di beberapa negara seperti Singapura dan Malaysia setiap tahunnya. Para peserta melakukan piercing pada tubuhnya dengan beberapa pengait layaknya anting-anting.

Pengait-pengait yang disebut “kavadis” ini disangkutkan pada tubuhnya selama 10 jam. Ritual ini melambangkan devosi dan pembersihan tubuh dari dosa-dosa mereka. Memang terdengar aneh dan menyakitkan, tetapi festival ini diperkirakan telah diikuti satu juta orang.

Boryeong Mud Festival, Korea Selatan

 

Festival ini mungkin bisa Anda ikuti untuk bersenang-senang. Setiap Juli, Anda bisa mengikuti festival lumpur sarat mineral di pantai Yellow Sea. Festival ini mengadakan berbagai aktivitas dengan menggunakan lumpur, seperti bermacam permainan, pijat, bahkan lomba maraton.

Monkey Buffet Festival, Thailand

Festival ini adalah salah satu alasan kepopuleran dari Old Town of Lopburi. Setiap November, mereka mengundang ribuan monyet untuk berpesta di Monkey Buffet Festival.

Sekitar 4 ton berbagai makanan khas Thailand disiapkan dekat Candi Khmer untuk para monyet ini. Jika di sini monyet sering disalahgunakan untuk makian, orang-orang Thailand menganggap binatang tersebut sebagai pembawa keberuntungan.

Night of the Radishes Festival, Meksiko

Lobak mungkin bukan sayuran paling populer atau paling difavoritkan. Namun lain halnya dengan masyarakat Oaxaca, sebuah kota di Meksiko. Para warga setempat mengadakan “Festival Malam Lobak” setiap 23 Desember.

Mereka akan mengukir lobak-lobak ini menjadi berbagai patung dengan tema utama perayaan Natal. Tradisi unik ini sudah bermula sejak 1897.