10 Hewan Langka yang Terancam Punah (Pt. 2)

700
Ilustrasi.

MataNaga – Berikut adalah 10 hewan langka yang terancam punah:

1. Pesut

Pesut atau lumba-lumba air tawar ditemukan di area pesisir Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Hewan ini dikenal karena dahi mereka yang berbentuk seperti kubah dan paruhnya yang pendek, sehingga membuat mereka terlihat lebih aneh dibandingkan spesies lumba-lumba lainnya.

Studi-studi terbaru memperkirakan jumlah mereka hanya lebih dari 7.000 ribu ekor di seluruh dunia, mengatakan penangkapan ikan besar-besaran oleh manusia sebagai ancaman utama mereka.

2. Ketam Kenari

Ketam kenari atau disebut juga Kepiting Kelapa adalah atropoda (hewan berbuku-buku/hewan beruas) darat terbesar di dunia.

Seperti yang ditunjukkan namanya, hewan ini dikenal memanjat pohon untuk memetik kelapa lalu menghancurkannya dengan capitnya yang sangat kuat untuk memakan isinya.

Dagingnya yang dinilai lezat oleh sebagian orang, membuat hewan berkulit keras ini dilindungi di beberapa area.

3. Kakapo

Kakapo adalah burung betet/bayan tergemuk di dunia karena bobotnya, satu-satunya burung betet/bayan yang tidak terbang.

Burung ini juga terkadang disebut bayan malam atau juga betet burung hantu. Berasal dari Selandia Baru, kolonisasi dari bangsa Eropa ke pulau tersebut yang membawa serta kucing peliharaan mereka membuat kakapo menjadi mangsa yang mudah.

Burung ini terancam punah, dengan jumlah hanya 128 ekor tersisa di beberapa pulau yang bebas predator.

4. Dugong

Dugong adalah salah satu dari empat spesies hidup lembu air yang berada di Samudra Pasifik sampai ke pesisir Timur benua Afrika.

Hewan raksasa yang mengagumkan ini telah lama diburu karena daging dan minyaknya, membuat mereka terancam punah.

5. Loris

Loris hanya terlihat empat kali sejak tahun 1937 dan menghilang sepenuhnya dari tahun 1939-2002, meningkatkan ketakutkan bahwa hewan primata ini telah punah.

Mereka ditemukan di Sri Lanka. Mereka punya mata besar yang memberikan mereka penglihatan malam yang sangat baik, tetapi juga melahirkan takhayul.

Beberapa komunitas percaya bahwa daging dari hewan ini bisa menyembuhkan penyakit kusta, dan bagian tubuhnya bisa digunakan untuk menangkal kutukan dan mantra.

Di Indonesia masih terdapat keluarga dari spesies ini yang dinamakan kukang meski hewan ini juga sudah terancam punah di Indonesia sehingga hewan ini termasuk hewan yang dilindungi oleh hukum Indonesia.

7. Tarantula Biru Metalik

Tarantula biru metalik hanya ditemukan di area hutan kecil India. Karena warnanya yang indah, kolektor menghabiskan $500 untuk mengoleksi mereka, yang mana membuat populasi mereka berkurang secara signifikan dan mereka saat ini terancam punah.

8. Markhor

Spesies kambing liar yang kelihatannya muncul dari sebuah buku fantasi, sehingga mudah saja melihat kenapa hewan ini menjadi hewan nasional Pakistan.

Karena status mereka yang tinggi, mereka adalah target sempurna untuk dijadikan trofi oleh para pemburu dan saat ini hanya ada sekitar 2.500 ekor yang tersisa.

9. Kuoka

Kuoka adalah hewan berkantung yang sangat bersahabat, ditemukan di beberapa pulau kecil di Australia bagian Barat Daya. Mereka terancam punah karena mereka diketahui mendekati predator mereka dingo (anjing liar Australia) dan rubah untuk berteman.

10. Okapi

Mereka juga dikenal dengan nama “zebra jerapah”. Hewan ini menjadi terkenal di tahun 1800an, saat mereka ditemukan oleh penjelajah asal Inggris, pada saat itu mereka bahkan tidak percaya bahwa ternyata ada makhluk aneh yang nyata.

Sekarang ini, kalian hanya bisa menemukan mereka di negara Republik Demokratik Kongo, dan hanya ada 10.000 sampai 20.000 ekor tersisa.

Baca juga: 9 Hewan Langka yang Terancam Punah (Pt. 1)