4 Pohon Diyakini Sarang Makhluk Halus

122
4 Pohon Diyakini Sarang Makhluk Halus. (Foto: MataNaga)

MataNaga – Makhluk halus, makhluk astral, atau hantu memang lekat dengan kehidupan rakyat Indonesia. Sebagian besar masyarakat masih mempercayainya.

Beberapa tempat di Indonesia pun sering disebut-sebut sebagai kerajaan para arwah penasaran ini, misalnya Gunung Ceremai, Gunung Kawi, Pantai Selatan, dan sebagainya.

Tak hanya itu, mahluk halus diyakini juga mendiami sejumlah pohon. Di Indonesia banyak pohon yang diyakini memang sudah menjadi rumah bagi para hantu tersebut bahkan sampai ratusan tahun.

Semua tak lepas dari pengalaman sebagian orang yang kerap bertemu makhluk astral ketika melintas di dekat pohon-pohon ini.

Pohon mana saja, ya? Simak ulasannya berikut.

1. Pohon Beringin
Dengan akar-akar yang menjuntai bak rambut, beberapa batang pohon tersebut malah seolah membentuk lekuk tubuh manusia.

Pohon ini dipercaya sebagai rumah daripada genderuwo, hantu yang diyakini seperti pria tinggi besar dengan taring dan kuku panjang. Rambutnya gimbal dan berewokan, dan makanannya daging manusia.

Demikian penggambaran mengerikan soal genderuwo yang diyakini hidup di beringin. Jika ada orang iseng mencabut akar gantung pohon tersebut dan sedang ada genderuwo berada di sana, dia akan murka lalu membuat orang yang melakukan itu jatuh sakit.

Sakit yang disebabkan oleh genderuwo biasanya bersifat dadakan dan lama-kelamaan pasien melemah lalu meninggal. Konon, jasadnya akan jadi makanan hantu ini.

2. Pohon Ara
Pohon ini sebelas-dua belas dengan beringin namun tidak memiliki akar yang menjuntai. Dahan dan rating kuat membuat pohon ini sangat syahdu di pagi dan siang hari.

Namun menjelang malam hari jangan pernah sekali-sekali melintas di dekatnya jika tak ingin disapa oleh mahluk halus. Pohon Ara menjadi rumah bagi banyak jenis hantu. Mulai dari kuntilanak, pocong, genderuwo, dan lain sebagainya.

3. Pohon Sawo
Buahnya enak dimakan dan karenanya membuat banyak orang menyukai buah sawo ini melintas di bawahnya & tergoda untuk berhenti sejenak, sekedar mendapatkan 1-2 buah sawo yang kebetulan jatuh ke tanah.

Namun jangan dilakukan malam hari. Hantu pohon sawo diyakini berkeliaran setelah maghrib.

4. Pohon Asam
Tinggi, besar, dan banyak pula dahan serta rantingnya begitu teduh. Suasana berubah ketika malam telah datang.

Pohon tersebut menjadi tempat bersarangnya hantu kuntilanak dan pocong.

Baca juga:
Klarifikasi Panitia Acara di Malang soal Foto Hantu yang Viral
Sejarah Wewe Gombel, Hantu dengan Payudara Panjang Menggelantung
Mengapa Hantu Suka Keluar Malam Hari? Ini Penjelasan Ilmiahnya