5 Tempat Horor di Jakarta yang Banyak Menyimpan Kisah Mengerikan

107
5 Tempat Horor di Jakarta yang Banyak Menyimpan Kisah Mengerikan
5 Tempat Horor di Jakarta yang Banyak Menyimpan Kisah Mengerikan

MataNaga – Meski dikenal sebagai kota metropolitan, siapa sangka ternyata Jakarta banyak menyimpan misteri. Ada beberapa spot di Jakarta yang terkenal angker karena latar belakang sejarah, mitos, tak jarang berasal dari kisah nyata. Tempat tersebut mempunyai kisah horor tersendiri, walaupun tak banyak yang mengetahui.

1. Jembatan Ancol, Pademangan
Jembatan Ancol menjadi salah satu pusat wisata di wilayah Jakarta Utara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, tak terkecuali juga Anda. Di tempat wisata ini, Anda dapat menikmati berbagai hiburan indoor maupun outdoor. Namun, yang paling terkenal ialah wahana indoor dan juga spot Jembatan Ancol.

Ada yang beranggapan kalau liburan ke Ancol rasanya tak lengkap bila belum berfoto di Pantai Karnaval dan di jembatan tersebut. Meski berhasil mencuri hati wisatawan, ternyata jembatan ini menyimpan misterinya sendiri.

Sebagaimana dikisahkan dalam film Si Manis Jembatan Ancol (1973 dan 1993). Film tersebut menceritakan tentang seorang hantu wanita berparas cantik yang bernama Si Ariah atau Maryam. Maryam mati karena menjadi korban kekerasan seksual. Ia dibunuh dan mayatnya dibuat ke Kali Ancol. Sejak saat itu, sosok Maryam dikabarkan sering muncul di sekitar jembatan.

Kabarnya lain menyebut kalau film Si Manis Jembatan Ancol ini diangkat dari kisah nyata. Bahkan, dulu kawasan Ancol bukan merupakan taman rekreasi, melainkan hanya rawa dan hutan bakau.

2. Toko Merah, Kali Besar Barat
Bagi Anda yang pernah jalan-jalan atau sekadar melintasi daerah Kota Tua, pasti sudah tak asing lagi dengan tempat ini. Tempat yang dahulunya merupakan rumah petinggi VOC ini, pada tahun 1851 ditempati oleh warga Tionghoa. Pada tahun tersebut, tempat ini berubah menjadi toko yang menjual berbagai produk berwarna merah.

Terlepas dari konteks sejarah yang kental dari Toko Merah ini, sebenarnya toko tersebut menyimpan kisah yang memilukan. Konon, sebelum beralih dari sebuah toko, Toko Merah pernah menjadi tempat penyiksaan dan pembantaian etnis Tionghoa. Akibat cerita horor yang dilekatkan dari toko ini, masyarakat sekitar pernah mendengar suara tangisan wanita dan langkah kaki tentara dari dalam bangunan.

3. Taman Kota Langsat, Kebayoran Baru
Sebenarnya Taman Kota Langsat yang berada di belakang Pasar Burung Mayestik ini adalah taman umum biasa. Selayaknya taman umum, Taman Kota Langsat banyak digunakan sebagai area olahraga. Selain itu, taman tersebut juga biasa digunakan sebagai lahan hijau dengan keberadaan pepohonan rindang di dalamnya.

Namun, di balik nuansa asri taman itu, Taman Kota Langsat menyimpan kisah yang mengerikan. Kejadian aneh kerap muncul di malam hari. Kabarnya, sebagian warga di sekitar taman terkadang melihat penampakan hantu. Ditambah lagi, adanya aura angker ditampakkan oleh keberadaan pohon rimbun di sekitar taman.

4. Lubang Buaya, Pondok Gede
Kesan horor yang hadir dari tempat ini terjadi akibat masa lalu sejarah bangsa Indonesia yang menyedihkan. Berdasarkan cerita sejarah yang pernah terjadi, Lubang Buaya pernah dijadikan sebagai tempat pembuangan mayat para korban Gerakan 30 September atau G30S/PKI. Gerakan ini dipelopori oleh PKI yang membantai petinggi militer Indonesia dan kemudian dibuang massal di sumur Lubang Buaya ini.

Pasalnya, menurut kesaksian masyarakat setempat, sering terlihat penampakan hantu berseragam militer yang berkeliaran di sekitar Lubang Buaya. Sementara, dinamakan sebagai Lubang Buaya karena adanya legenda yang menyatakan kalau di lubang tersebut pernah dihuni oleh buaya putih.

5. Terowongan Kasablanka
Tempat horor di Jakarta terakhir yang tak lagi menjadi rahasia umum karena kehororannya ialah Terowongan Kasablanka. Terowongan ini merupakan jalan yang menghubungkan antara Jatinegara—Sudirman. Di tempat ini tak hanya menyimpan banyak misteri, tetapi sebagian orang percaya kalau melewati terowongan tersebut pengendara motor maupun mobil harus membunyikan klakson sebagai tanda permisi.

Di balik banyaknya misteri yang beredar, dahulunya Terowongan Kasablanka adalah bekas kuburan yang dipindahkan ke lokasi lain dan dijadikan sebagai fasilitas publik. Selain itu, konon beredar pula informasi yang mengatakan bahwa Terowongan Kasablanka pernah menjadi tempat pembuangan mayat. Sebabnya, tak jarang pengguna kendaraan yang merasa bergidik saat melalui terowongan ini.

Nah, dari tempat horor di Jakarta di atas, manakah yang menurut Anda paling seram? Atau Anda sudah pernah berkunjung ke tempat tersebut? Kalau belum, berani berkunjung?

Baca juga:
4 Tempat Angker di Indonesia yang Bikin Warga Tak Berani Melintasinya
Ini 5 Tempat Paling Angker Se-Asia, Ada dari Indonesia!
Di Balik Keasriannya, Ada 5 Tempat Uji Nyali di Kebun Raya Bogor