5 Negara yang Berpuasa Lebih Lama

134
5 Negara yang Berpuasa Lebih Lama. (Foto: MataNaga)

MataNaga – Puasa atau dikenal dengan istilah shaum dalam Bahasa Arab adalah kewajiban yang dilakukan setiap bulan Ramadan tiba oleh kaum Muslim di seluruh penjuru dunia. Tak hanya berpahala jika dikerjakan dan berdosa jika ditinggalkan, namun berpuasa juga membawa manfaat yang banyak untuk kesehatan.

Uniknya, lantaran bumi ini bulat dan terus berputar mengelilingi matahari, maka waktu siang dan malam di berbagai negara akan berbeda. Ada yang waktu siangnya lebih panjang, sehingga masa puasa yang dijalani oleh kaum Muslim di negara tersebut juga panjang dan lebih dari 13 jam, jika berpatokan pada waktu di Indonesia.

Malah ada yang hampir berpuasa 23 jam, lho. Setidaknya ada 5 negara di dunia yang jam puasanya lebih lama. Negara mana saja? Berikut ulasannya.

1. Islandia (22 jam)

Negara yang letaknya di samudera Atlantik itu dihuni sekitar 700 lebih komunitas Muslim. Mereka kadang harus melakukan sahur di pukul 2 pagi, dan menunggu waktu buka puasa saat hampir tengah malam pukul 00.00 karena matahari tenggelam di waktu tersebut. Akan tetapi ada ulama yang berfatwa bahwa untuk negara seperti Islandia ini, mereka dapat mengikuti waktu puasa dan buka seperti di negara Arab atau Mekah.

2. Swedia (20 jam)

Walau jumlah Muslim di Swedia hanya 5 persen dari total populasi atau hanya 500 ribuan orang saja, namun mereka harus kuat menahan haus dan lapar karena masa puasa di sana sampai 20 jam jika masuk musim panas. Matahari bersinar 20 jam dan hanya tenggelam 4 jam saja.

3. Alaska (19,45 jam)

Alaska merupakan salah satu negara bagian di Amerika yang mempunyai suhu ekstrem dan kadang matahari bisa bersinar sampai 19 jam lebih. Populasi Muslim di Alaska cukup banyak, yakni sekitar 3.000 lebih yang terdiri atas imigran dan pendatang.

4. Jerman (19 jam)

Jumlah pemeluk Islam di Jerman cukup besar, dan berasal dari berbagai negara. Muslim di negara ini setiap tahunnya harus melewati masa shaum Ramadan yang panjang hingga mencapai 19 jam.

5. Inggris (18,55 jam)

Negeri Ratu Elizabeth ini juga menyimpan tantangan tersendiri bagi kaum Muslim yang berpuasa di sana. Waktu puasa mereka mencapai 18,55 jam setiap hari. Bisa dibayangkan betapa mereka hanya punya sedikit waktu untuk berbuka, salat tarawih, lalu harus sahur kembali.