Bill Gates Tergusur dari Posisi Dua Orang Terkaya Dunia

54
Bill Gates
Bill Gates. (Foto: New York Post)

Jakarta – Setelah beberapa waktu silam tergusur dari posisi teratas orang terkaya dunia oleh Jeff Bezos, Bill Gates kini kembali tersalip. Pendiri Microsoft itu tak lagi berada di ranking kedua dalam daftar orang terkaya versi Bloomberg Billionaires Index.

Sosok yang menggusur Gates adalah Bernard Arnault, CEO perusahaan fashion mewah LVMH atau Louis Vuitton SE. Arnault menurut Bloomberg saat ini punya kekayaan USD 108 miliar, naik USD 39 miliar dari tahun silam.

Adapun Bill Gates kalah tipis dengan harta terkini sebesar USD 107 miliar. Tempat pertama masih kukuh dipegang oleh pendiri Amazon, Jeff Bezos, dengan harta USD 125 miliar.

Dikutip dari CNN, Arnault sukses mengantarkan LVMH menjadi perusahaan raksasa. Dia memiliki sekitar separuh saham perusahaan ini.

Merek yang mereka jual memang mentereng, dari Louis Vuitton, Christian Dior sampai Givenchy. Arnault juga berinvestasi ke perusahaan teknologi, termasuk ke Netflix.

Bill Gates sebenarnya bisa berstatus orang terkaya dunia mengalahkan Bezos seandainya ia tidak banyak beramal. Bloomberg mengestimasi Gates total telah mendermakan harta sebanyak USD 35 miliar melalui yayasan Bill & Melinda Gates Foundation.

Kiprah amal Gates semakin berkilau semenjak dia bersama Warren Buffet pada tahun 2010 meluncurkan program Giving Pledge, di mana orang-orang terkaya diminta bergabung dan mendonasikan sebagian besar harta buat kemanusiaan.