5 Cara Gampang untuk Melawan Insomnia

161

MataNaga – Tak dapat dipungkiri lagi, jika salah satu hal yang sangat mengganggu kehidupan manusia adalah insomnia.

Insomnia merupakan penyakit sulit tidur di malam hari yang disebabkan dengan beberapa alasan tertentu, tergantung dari si penderita itu sendiri.

Mulai dari stress berlebihan karena pekerjaan, banyak pikiran, gaya hidup yang tidak teratur, atau bisa juga karena pengaruh dari makanan atau minuman yang dikonsumsi orang tersebut sebelum tidur.

Perlu diingat, jika mereka yang terkena insomnia dalam waktu jangka pendek mungkin tidak ada masalah, tetapi bagi mereka yang mengalaminya dalam waktu berkepanjangan, maka masalah kesehatan bisa mengganggu Anda.

Salah satunya adalah gara-gara insomnia, Anda bisa kekurangan darah karena sirkulasi darah Anda jelas menjadi tidak teratur.

Nah, lalu bagaimana cara untuk mengatasi atau melawan Insomnia? Apakah sulit? Gampang kok, berikut ini adalah ulasannya:

Tenangkan Pikiran

Salah satu hal yang paling mudah dilakukan untuk melawan insomnia adalah dengan menenangkan pikiran Anda sendiri.

Yang sudah berlalu dalam satu hari yang telah Anda jalankan, biarkanlah berlalu dan tak usah terlalu banyak memikirkan hari esok.

Karena jika terlalu banyak pikiran, maka otak kita akan menjadi bekerja keras dan hal itulah yang membuat kita kesulitan untuk tidur.

Baca Buku

Mungkin ini kedengarannya cukup aneh, karena saat membaca buku pastinya membuat otak kita juga akan bekerja untuk memahami apa yang sedang kita baca.

Namun secara tidak sadar, percaya atau tidak saat kita membaca buku dalam keheningan malam, mata dan otak kita bisa menjadi lelah dan perlahan kita pun akan merasa mengantuk.

Meski cara ini terbilang tidak masuk akal, namun jika dilakukan tentu masih dapat membantu.

Jangan Melihat Smartphone atau Televisi

Pada masa modern kini, secara tidak langsung melihat smartphone sebelum tidur menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan sebelum tidur malam.

Selain itu, menonton televisi juga termasuk dalam kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang dewasa sebelum tidur.

Nah, paparan cahaya yang ada pada smartphone atau televisi jelas membuat mata dan otak kita menjadi kembali bekerja.

Belum lagi, banyaknya beberapa informasi atau hiburan yang kita lihat membuat diri kita menjadi semakin sulit untuk tidur.

Untuk itu, salah satu cara yang tepat adalah sebelum tidur lebih baik kita tidak melihat smartphone atau menonton televisi.

Olahraga Ringan

Berolahraga ringan, seperti berjalan kaki sekitar 30 menit bisa membuat kaki kita menjadi letih dan biasanya keletihan yang dirasakan dari kaki bisa menjalar ke seluruh tubuh kita.

Hal inilah yang juga secara tidak langsung bisa menimbulkan rasa ngantuk atau bisa juga berolahraga sit up sebanyak tiga set dan satu set sebanyak 12 kali tiga jam sebelum tidur bisa membuat tubuh kita rileks dan dapat menimbulkan rasa ngantuk.

Jangan Minum Kopi, Alkohol, atau Ngemil

Ini juga merupakan salah satu kegiatan yang sangat salah, tetapi secara tidak sadar kita melakukannya.

Hampir seluruh pria dewasa sangat sulit untuk tidak mengonsumsi kopi dalam satu hari, tak peduli jam berapapun yang penting dalam satu hari ia harus minum kopi.

Maka tak jarang, pada malam hari minum kopi juga terasa nikmat, karena adanya udara sejuk di malam hari.

Padahal, jelas kafein yang ada pada dalam kopi bisa membuat Anda menjadi segar dan menjadi kesulitan untuk tidur.

Selain itu, minum alkohol atau ngemil makanan ringan juga bisa membuat Anda kesulitan untuk tidur.

Kalaupun Anda merasa lapar, maka sebaiknya cukup makan biskuit atau minum susu hangat kurang lebih tiga jam sebelum Anda tidur.