Pasangan mu Kecanduan Game Online? Berbagai Tips untuk Menghadapi Pasanganmu.

122
Foto Matanaga

MataNaga – Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, salah satunya bermain game online di HP atau komputer adalah suatu kesenangan tersendiri yang tadinya hanya untuk meluangkan waktu sampai menjadi sebuah hobi.

Nah, dari yang tadinya iseng hingga menjadi kecanduan game online saat ini berdampak kepada kehidupan bersama pasangan. Apalagi yang kecanduan bermain game online saat ini bukanlah hanya pada pria tetapi juga wanita.

Karena biasanya jika sampai kecanduan sebuah game online, para pria atau wanita akan betah bermain game tersebut selama berjam-jam. Yang bikin kesal tentunya ketiadaan kabar dari pasangan.

Jangankan menanyakan kabar Anda, bisa jadi pasangan pun sampai melewatkan waktu makan, atau bahkan mandi karena asik bermain seharian penuh. Apalagi saat ini banyak sekali game online yang menarik seperti, mobile legend dan PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG).

Nah, jika kebiasaan pasangan ini mulai mengganggu kualitas hubungan Anda, tak ada salahnya untuk meminta perhatiannya dan lakukan berabgai tips berikut agar kecanduan si dia tidak semakin parah, sehingga pasangan bisa menyeimbangkan antara hobi dan kehidupannya.

1. Mengalihkan Perhatian dengan Mengajaknya Melakukan Kegiatan Lain

Mengalihkan perhatiannya secara tidak langsung. Anda bisa mengajaknya untuk melakukan kegiatan lain seperti, menonton film di bioskop, traveling, atau memasak makanan favorit bersama. Tapi jika pasangan terlihat kurang semangat, Anda bisa mengajaknya untuk merealisasikan permainan dengan kegiatan paint ball, atau memasuki wahana escape room yang bisa memacu adrenalin.

Dengan sederet kegiatan tersebut, maka untuk sementara waktu Anda bisa menjauhkan pasangan dari gadget-nya dan memiliki kualitas waktu untuk berduaan. Selain itu hal ini juga bisa membuatnya menyadari jika menghabsikan waktu bersama Anda tak kalah seru dibandingkan bermain game online.

2. Ikut Bermain

Hampir setiap orang di dunia ini memiliki kesukaan bermain game, mungkin Anda sebenarnya juga suka bermain game walaupun tak sesering pasangan. Nah, jika Anda suka bermain game, mengapa tidak mencoba ikut bermain bersama dalam satu tim. Dengan begitu Anda dapat memiliki waktu bersama yang menyenangkan, daripada harus repot-repot menguras tenaga, dan emosi. Namun jangan lupa untuk mengingatkan dia juga agar mau meluangkan waktunya untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai.

3. Katakan Apa yang Anda Rasakan

Jika Anda sudah mulai merasa jengah dengan hobi pasangan yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game, hingga memiliki pengaruh yang buruk untuk keberlangsungan hubungan bahkan masa depannya, Anda bisa mulai mengambil tindakan tegas. Coba untuk berbicara dan ungkapkan semua yang Anda rasakan. Namun ingat, bicarakan dengan baik-baik dan tanpa emosi, ya. Karena jika emosi Anda tidak terkontrol, bisa-bisa yang ada malah bertengkar dan semakin memperburuk hubungan.

4. Meminta Bantuan Orangtua atau Teman Dekatnya untuk Ikut Menasihati

Jika Anda sudah kehabisan akal untuk berbicara dengan pasangan, karena perkataan Anda hanya dianggap angin lalu baginya, coba meminta bantuan dari sahabat atau bahkan orangtua pasangan Anda. Karena bisa jadi, saat Anda sendiri yang menasihatinya untuk tidak terlalu sering bermain game, dia hanya berpikir jika Anda bersikap terlalu mengaturnya. Namun saat ada orang terdekat lain menasehati hal yang sama, mungkin pasangan Anda akan lebih serius memikirkannya.

5. Membiarkannya Bermain Hingga Bosan

JIka semua cara sudah Anda coba namun pasangan tetap tidak bisa mengatur waktu antara kehidupan dan hobinya. Maka ini saat yagn tepat bagi Anda, untuk memberikan waktu berkualitas bagi diri sendiri. Biarkan pasangan bermain hingga merasa bosan. Saat ia asik bermain game, Anda bisa melakukan kegiatan lain yang memberikan manfaat bagi diri sendiri. Seperti membaca buku, menghabiskan waktu bersama sahabat atau menonton film favorit.