Nanas Penyebab Keguguran! Mitos atau Fakta?

164
Nanas Mitos Atau Hoax (Foto: MataNaga)

MataNaga – Bumil alias ibu yang sedang hamil tidak bisa makan sembarang makanan karena bisa menyebabkan gangguan pada si jabang bayi.

Oleh karena itu, beberapa dokter menyarankan wanita untuk memasakan makanannya sendiri agar kesehatannya tetap terjaga dengan baik dan peluang terjadi gangguan seperti keguguran akan kecil.

Apakah semua buah dan sayuran baik untuk wanita? Jawabannya adalah ‘ya’. Ada kabar yang menyebutkan bahwa nanas bisa menyebabkan gangguan pada tubuh hingga memicu kondisi keguguran. Benarkah demikian?

Mitos makan nanas saat hamil

Selama ini kita sering sekali mendengar mitos kalau mengonsumsi nanas bisa menyebabkan keguguran dan gangguan janin lainnya. Orang-orang banyak percaya dengan mitos ini dan menghindari nanas selama 9 bulan penuh. Apa saja yang ada nanasnya mulai jus hingga kue sekali pun akan dihindari.

Sebenarnya nanas mengandung semacam enzim bernama bromealin. Hormon ini bekerja untuk memecah protein di tubuh dan berpotensi menyebabkan pendarahan abnormal. Itulah kenapa bromealin ini adalah enzim yang sangat dihindari saat kehamilan.

Lantas, apakah nanas masih boleh dikonsumsi? Jawabannya adalah masih. Bagian nanas yang mengandung bromealin adalah bagian inti atau tengah yang cenderung keras. Bagian buahnya hanya terdapat sedikit kandungan enzim. Selama masih mengonsumsi dalam jumlah yang tepat, kondisi keguguran tidak akan terjadi.

Kandungan gizi nanas

Nanas mengandung cukup banyak nutrisi untuk tubuh. Nutrisi itu terdiri dari vitamin C, B6, potasium, asam folat, magnesium, mangan, serat, lemak, protein, dan karbohidrat. Dengan kandungan ini, manfaat dari nanas di bawah ini bisa didapatkan.

  1. Mencegah masuknya penyakit karena ada kandungan antioksidan.
  2. Mengandung enzim bromealin yang membantu pencernaan dan penyerapan sari makanan pada tubuh.
  3. Menurunkan risiko kanker.
  4. Mencegah inflamasi pada tubuh.
  5. Mempercepat penyembuhan pasca operasi.