5 Langkah Agar Tak Mengantuk Saat Puasa

75
4 Penyebab Ngantuk Saat Nyetir. (Foto: MataNaga)

MataNaga –  Ketika sedang berpuasa banyak orang sering merasakan ngantuk yang tak tertahankan. Terutama pada siang hari. Seringkah Anda mempertanyakan hal ini? Banyak yang menyangka ini akibat kurang tidur.

Namun bukan itu penyebab utamanya. Perubahan pola tidur pada orang yang berpuasa membuat jumlah jam tidurnya berkurang karena harus terbangun dinihari. Ini sebenarnya bisa disiasati dengan tidak begadang atau tidur terlalu larut. Alasannya, tubuh juga akan mulai menyesuaikan irama tidur selama puasa.

Ternyata perubahan metabolisme tubuh menjadi penyebab sebenarnya Anda sering mengantuk pada siang hari, terutama ketika berpuasa. Sebagian besar penyebab mengantuk yang teramat sangat adalah menurunnya kadar glukosa dalam darah yang membuat otak sulit berkonsentrasi.

Otak mendapatkan energi dalam bentuk glukosa, sehingga jika aliran glukosa ke jaringan otak berkurang akan mempengaruhi kinerja dari otak. Otak mengonsumsi 60 persen asupan glukosa tubuh.

Setelah energi yang dihasilkan oleh makanan sudah menipis, maka hati akan mengeluarkan cadangan glikogen yang disimpan untuk membantu memberikan energi bagi tubuh sehingga otak dan sistem tubuh lainnya bisa bekerja maksimal.

Jika cadangan energi di tubuh tidak cukup untuk memberikan energi tambahan dalam melakukan kegiatan sehari-hari, maka tubuh akan merasa lemas dan terjadi penurunan kadar gula darah, kondisi ini bisa menyebabkan seseorang merasa kantuk.

Bila dilakukan di tempat kerja, tentu hal ini cukup mengganggu sebab kinerja bisa berantakan. Karenanya ada tips menghindari rasa kantuk berlebih. Seperti apa? Simak uraiannya berikut ini.

1. Bergerak atau Jalan Kaki

Sebuah survei terhadap ratusan orang di Amerika Serikat menguak bahwa jalan kaki selama 10 menit bisa meningkatkan energi Anda hingga dua jam ke depan. Pasalnya, jalan-jalan mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Sedangkan rasa ngantuk di siang hari biasanya muncul karena otak kekurangan pasokan oksigen.

2. Mengobrol

Bila Anda sedang di kampus atau di kantor, ajak rekan Anda untuk mengobrol sejenak guna mengatasi ngantuk saat puasa. Mengobrol akan meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi.

Supaya efeknya terasa, Dr. Barry Krakow menyarankan Anda untuk mengobrol soal topik-topik yang cukup berat, rupiah yang menurun misalnya. Asalkan jangan bergosip dan membicarakan orang lain yang bisa mengurangi nilai puasa Anda.

3. Menyalakan Lampu atau Terkena Paparan Sinar Matahari

Rasa kantuk juga bisa muncul mengikuti pencahayaan yang diterima mata Anda. Bila cahaya meredup, mata menangkapnya sebagai sinyal untuk beristirahat sehingga Anda jadi mengantuk. Untuk itu, nyalakan lampu ruangan Anda atau carilah sinar matahari langsung, misalnya di luar ruangan.

4. Tarik Nafas Dalam-dalam

Menarik napas dalam akan meningkatkan kadar oksigen dalam otak. Hal ini bisa membantu menambah energi dan memicu aktivitas otak. Duduk atau berdiri dengan tegak dengan salah satu telapak tangan menempel pada perut Anda. Kemudian, tarik napas sedalam-dalamnya lewat hidung.

Saat menarik napas, pastikan perut Anda mengembang dan terisi dengan udara. Hembuskan perlahan lewat mulut Anda. Ulangi selama beberapa kali sampai pikiran Anda terasa lebih segar.

5. Tidur Berkualitas di Malam Hari

Cegah ngantuk saat puasa dengan memastikan Anda cukup beristirahat setiap hari. Maka, usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya agar Anda tidak kurang tidur. Supaya tidurnya berkualitas, atur kamar Anda senyaman mungkin. Misalnya pasang kipas angin atau AC agar ruangan cukup sejuk dan matikan lampu kamar.

Baca juga:
4 Penyebab Ngantuk Saat Nyetir
5 Cara Mudah Agar Anda Tidak Mengantuk di Kantor