Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Gerhana Matahari Total

59
Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Gerhana Matahari Total
Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Gerhana Matahari Total (Foto: CNN)

MataNaga – Fenomena gerhana matahari total akan nampak hari ini (2/7). Namun, gerhana matahari ini tidak bisa dilihat dari Indonesia. Gerhana matahari total ini bisa diamati oleh warga yang berada di Samudera Pasifik bagian selatan, Amerika Selatan, Chile, dan Argentina.

Selain Amerika Selatan dan Chile, negara-negara tetangga seperti Bolivia, Peru dan Ekuador juga bisa melihat fenomena gerhana matahari meskipun hanya sebagian.

Dilansir Astrology Mag, gerhana matahari terjadi pada bulan baru ketika Bulan datang di antara Bumi dan Matahari. Bulan akan menutupi Matahari sebagian atau pun seluruhnya.

Selain itu, fenomena ini hanya terjadi ketika Matahari dan Bulan dihubungkan dan berada dalam jarak dekat dari salah satu node (salah satu titik sambungan atau titik akhir).

Namun, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan saat gerhana matahari berlangsung, seperti yang dikutip Times Now, yakni:

1. Jangan melihat langsung gerhana matahari tanpa pelindung mata. Bahkan, kacamata hitam pun tidak dapat menghalangi sinar matahari yang lebih cerah dari biasanya.

2. Penting untuk diingat, jangan melihat gerhana matahari terlalu lama melalui lubang jarum.

3. Selain itu, tidak disarankan untuk menggunakan teropong atau teleskop untuk melihat gerhana matahari.

4. Jangan sekadar gunakan kacamata hitam, tapi gunakanlah kacamata hitam uang memiliki filter lensa Polarized.

Baca juga:
Ada Gerhana Matahari Total
Awal Tahun 2019 Disambut Gerhana Bulan Darah Serigala
Peristiwa Langit Maret 2019, Planet Sejajar dengan Matahari Hingga Ekuinoks