5 Musisi Asia yang Berhasil Raih Grammy Awards (Salah Satunya dari Indonesia)

42
5 Musisi Asia Grammy Awards 2019. (Foto: MataNaga)

MataNaga – Perayaan Grammy Awards 2019 akan berlangsung di Staples Center, Los Angeles, Minggu (10/2), atau Senin (11/2) waktu Indonesia. Para nominasi telah diumumkan beberapa bulan yang lalu. Seperti biasanya, kehadiran musisi di luar Hollywood selalu menarik dan jadi perbincangan masyarakat.

Tak dapat dipungkiri bahwa musisi Asia mulai menunjukan beberapa prestasi menarik di ajang penghargaan tertinggi bagi insan musik itu. Beberapa nama berhasil meraih nominasi, ada yang berakhir dengan manis lewat kemenangan dan beberapa pula harus puas kembali dengan tangan kosong.

Lalu bagaimana jejak prestasi para musisi Benua Hijau di malam perhelatan Grammy Awards? Berikut catatan panjangnya beberapa tahun terakhir.

1. Ravi Shankar
Membicarakan musisi Asia yang mendapatkan perhatian di Grammy Awards, maka nama pertama yang ada di daftar, tentunya Ravi Shankar. Komposer India yang dikenal dengan kegeniusannya dalam bermain gitar pernah meraih Best World Music Album di tahun 1973, 2002, 2013 dan 2014. Dari empat nominasi itu ia hanya tak beruntung pada 2014.

Selain itu, mendiang yang meninggal 2012 lalu itu juga memperoleh Grammy Lifetime Achievement Award di 2013 dan Best Chamber Music Performance sebagai piala pertamanya pada 1967.

2. Anoushka Shankar
Masih dari India, musisi berjaya berikutnya ada Anoushka Shankar yang juga merupakan putri dari Ravi. Wanita berdarah Inggris-India memperoleh nominasi Best World Music Album dari karyanya “Home”. Sayangnya, ia belum membawa pulang piala walau telah enam kali menjadi nominator.

3. Joey Alexander
2016 silam jadi salah satu tahun yang membanggakan bagi Joey Alexander dan tentunya masyarakat Indonesia. Remaja asal Bali tersebut meraih dua nominasi yakni Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album. Walau tak pulang membawa piala, namun Joey juga mengukir sejarah sebagai nominator termuda. Ia tampil di panggung Grammy dan mendapatkan apreasiasi dari seluruh musisi yang hadir di Staples Center.

4. Falguni Shah
Lahir di Mumbai, kini Falguni Shah menetap di New York untuk mengembangkan karier musiknya. Ibu satu anak ini berhasil meraih sebagai nominasi Best Children Album melalui karyanya “Falu’s Bazaar”.

Album tersebut berisi 12 lagu anak hasil ciptaan Falu. Mengusung genre klasik India dengan contemporary western, awalnya karyanya itu ditujukan untuk putranya. Meski tinggal jauh dari negeri asalnya, Falu ingin buah hatinya tetap dapat mengenal budaya leluhur negeri mereka.

5. BTS
Bangtan Boys aka BTS berhasil menorehkan prestasi baru dengan masuk sebagai salah satu nominasi Grammy Awards 2019 untuk kategori Best Package Album dari “Love Yourself: TEAR”. Kabarnya mereka akan membacakan nominasi di malam perhelatan terbesar para pekerja musik dunia.

Baca juga:
Membanggakan, 4 Merek Alat Musik Asal Indonesia Ini Ternyata Sudah Mendunia
5 Fakta Unik soal Musik yang Jarang Diketahui