Hindari 3 Kebiasaan Keliru Sebelum dan Setelah Bercinta Ini

43
Sex
Ilustrasi. (Foto: The Independent)

Jakarta – Sebagian besar orang dewasa terlibat dalam kegiatan seksual. Penting untuk diketahui kita mungkin membuat beberapa kesalahan soal kebersihan ketika bercinta dengan pasangan. Hal ini dapat terjadi tanpa kita sadari.

Kebiasaan menjaga kebersihan menjadi sangat penting sebelum atau sesudah berhubungan seks agar kamu tetap sehat dan bebas dari infeksi menular seksual (IMS).

“Sebagian besar dari kita mengetahui ritual pra-seks sebelum berhubungan seks seperti menjaga kebersihan pribadi kita. Menjadi sadar kesehatan sebelum dan setelah berhubungan seks membantu mencegah infeksi vagina dan saluran kemih,” kata pakar kesehatan wanita dan penulis She-ology, Sherry A. Ross, dalam sebuah wawancara dengan Bustle.

Menurut Bustle inilah 3 kesalahan menjaga kebersihan yang sering terjadi sebelum dan sesudah melakukan hubungan seks.

1. Tidak buang air kecil setelah berhubungan seks

“Harus selalu buang air kecil setelah berhubungan seks. Kontak seksual apa pun yang kuat dapat mendorong bakteri ke dalam uretra kamu. Jika kamu buang air kecil setelahnya, kamu akan membuang semua bakteri yang masuk dan mencegah diri kena infeksi,” kata terapis seks Vanessa Marin kepada Bustle.

2. Tidak pakai kondom

Penggunaan kondom menjadi sangat penting untuk mencegah datangnya IMS. Jadi jangan malas memakai kondom hanya karena sensasi yang terasa ‘berbeda’ saat bercinta.

“Menggunakan kondom harus secara teratur digunakan untuk menghindari menularkan penyakit menular seksual ke pasangan kamu,” kata Ross.

3. Tidak peduli kebersihan pasangan

Jika kamu ingin bercinta dengan pasangan, perlu diperhatikan kebersihan dari pasangan. Gunakan kondom, mencuci tangan, dan setidaknya mengetahui pengetahuan tentang seks yang aman.

“Pria harus mengikuti ritual higienis yang sama dengan wanita ikuti sebelum dan sesudah berhubungan seks. Membersihkan penis kamu dengan sabun dan air hangat membantu menghindari menularkan bakteri yang tidak diinginkan ke dalam vagina,” kata Ross.