Penting! 5 Kesalahan Saat Pakai Kondom

32
Kondom
5 Kesalahan Saat Pakai Kondom. (Foto: HonestDocs)

Jakarta – Kebanyakan pria mengira bahwa mereka tahu cara menggunakan kondom yang benar. Namun, tak jarang dari mereka yang membuat kesalahan sederhana dalam memakai kondom. Dikutip dari Brook UK, diperkirakan tiga perempat pria membuat kesalahan dalam menggunakan kondom.

Padahal kesalahan kecil dalam memakai kondom dapat berakibat buruk, misalnya kena penyakit infeksi menular seksual (IMS). Oleh sebab itu, kamu perlu menghindari kesalahan yang umum dilakukan saat memakai kondom.

Menurut Brook UK, berikut 5 contoh kesalahan tersebut:

1. Tidak memeriksa kondisi kondom

Lapisan kondom dapat mudah rusak apalagi jika disimpan di dalam dompet, saku, dan tas. Oleh sebab itu, penting memastikan kondisi kondom sebelum menggunakannya.

2. Tidak memeriksa tanggal kedaluwarsa

Tak sedikit orang menganggap remeh tanggal kedaluwarsa dari kondom. Ada anggapan selagi kondom bisa dipakai tentu tak akan berdampak buruk. Padahal kondom yang kedaluwarsa tak mampu melindungimu dari penyakit IMS.

3. Menempatkan kondom di posisi yang salah, lalu membaliknya

Agar kondom tak tergulung, seringkali para pria membaliknya. Hal tersebut adalah kesalahan yang umum terjadi. Sebaiknya buang kondom itu dan ganti dengan yang baru karena bagian luar kondom telah menyentuh penis, sehingga ada potensi jejak-jejak sperma yang bisa menghamili pasangan berada di luar.

4. Tidak memegang ujung kondom saat memasangnya

Saat memasang kondom, pastikan untuk menekan ujungnya agar menghilangkan udara yang terperangkap di dalam. Jika tidak, kondom kemungkinan besar akan pecah.

5. Melepas kondom sebelum hubungan seks usai

Kapan pun organ intim bersentuhan, kamu harus menggunakan kondom untuk mencegah risiko IMS dan kehamilan pada pasangan. Oleh sebab itu, jangan buru-buru melepas kondom sebelum hubungan seks selesai dilakukan.