3 Cara Alami Atasi Penis Gatal

411
3 Cara Alami Atasi Penis Gatal. (Foto: MataNaga)

MataNaga – Rasa gatal di penis dan area sekitarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya alergi, gesekan dengan pakaian, kudis, hingga infeksi menular seksual. Respons pertama Anda saat merasakan gatal di area tersebut mungkin adalah menggaruk.

Akan tetapi, cara ini kurang tepat karena kulit penis justru bisa terluka bila Anda menggaruknya terlalu sering atau terlalu kasar. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi jika penis gatal? Tentunya perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut adalah berbagai cara mengatasi gatal di penis yang dianjurkan.

Sebelum menggunakan obat-obatan, Anda bisa mencoba meringankan rasa gatal pada penis secara alami menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Berikut di antaranya:

1. Menggunakan kompres dingin
Kompres dingin bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal akibat dermatitis kontak, kudis, rambut kemaluan yang tumbuh ke dalam, dan peradangan pada area kemaluan. Caranya, basahi lap dengan air dingin, lalu usapkan pada penis selama 5-10 menit. Tidak ada air dingin? Anda juga bisa membungkus es batu menggunakan lap, lalu lakukan langkah yang sama.

2. Menghindari penggunaan sabun
Penggunaan sabun dapat menyebabkan kulit penis menjadi kering dan menyebabkan rasa gatal. Untuk mengatasinya, hentikan sementara penggunaan sabun saat Anda membersihkan area kelamin. Sebagai gantinya, Anda cukup membersihkan penis menggunakan air hangat.

3. Membalurkan pelembap alami
Anda dapat menggunakan pelembap alami seperti gel lidah buaya untuk meredakan gatal akibat iritasi. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area yang gatal hingga rasa gatal berkurang.

Baca juga:
5 Posisi Seks Panas yang Membuat Klitoris Terangsang Hebat
5 Posisi Seks di Kamar Mandi yang Paling Cepat Capai Orgasme
5 Posisi Seks Ini Tempatkan Payudara Sebagai Bintang Utama
5 Manfaat Masturbasi bagi Ibu Hamil