Harus Berapa Kali Berhubungan Seks dalam Seminggu Agar Tetap Intim?

31
Harus Berapa Kali Berhubungan Seks dalam Seminggu Agar Tetap Intim. (Foto: MataNaga)

MataNaga – Seks adalah salah satu fondasi utama untuk menjaga rumah tangga tetap awet, intim, dan harmonis. Ya. Keintiman dan komunikasi adalah kebutuhan setiap insan yang menjalin cinta.

Dilansir dari NBC News, Dr. Sanam Hafeez, seorang psikolog sekaligus pendiri Comprehensive Consultation Psychological Services, mengatakan, “Penting untuk mempertahankan kehidupan seks yang dapat memperkuat ikatan dan keintiman, apalagi jika Anda sudah menjalin hubungan selama bertahun-tahun.” Namun untuk mencapai semua itu, harus berapa kali berhubungan seks dalam seminggu?

Sebuah studi yang diterbitkan secara daring dalam jurnal Archives of Sexual Behavior melaporkan bahwa rata-rata orang dewasa di Amerika Serikat setidaknya berhubungan seks sebanyak 54 kali dalam setahun. Itu artinya rata-rata orang Amerika berhubungan seks seminggu sekali sepanjang tahun.

Namun demikian, angka di atas bukanlah tolak ukur yang menjadi sebuah keharusan. Sebetulnya tidak pernah ada patokan angka pasti buat menentukan berapa kali Anda seharusnya berhubungan seks dalam seminggu atau dalam setahun. Kenapa?

Penting dipahami bahwa frekuensi bercinta untuk setiap pasangan bisa dipengaruhi oleh banyak faktor berbeda. Mulai dari usia, kesibukan dan gaya hidup, kesehatan masing-masing pasangan, tingkat libido alami, dan tentu saja kualitas hubungan mereka secara keseluruhan.

Itu sebabnya standar “sering seks” setiap orang mungkin berbeda-beda. Ada yang setiap dua hari sekali, 3-4 kali seminggu, hingga sebulan atau dua bulan sekali. Semua ini sebenarnya masih tergolong normal dan sah-sah saja, tergantung masing-masing pasangan.

Terlebih semakin tua usia Anda dan pasangan, sangat wajar untuk semakin jarang berhubungan seks karena gairah seks menurun secara alami akibat satu dan lain hal.

Nyatanya, seberapa seringnya Anda berhubungan seks dalam seminggu tidak menjamin akan lebih harmonis dan bahagia daripada pasangan yang jarang bercinta.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi terbitan jurnal daring berjudul Social Psychology and Personality Science yang melakukan survei terhadap 30 ribu orang Amerika Serikat selama 40 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa pasangan yang diminta rutin berhubungan seks seminggu sekali tidak merasa lebih puas dan bahagia daripada waktu-waktu sebelumnya.

Seperti yang telah diuraikan di atas, semarak kehidupan seks pasangan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor yang berbeda. Dr. Logan Levkoff, PhD, seorang edukator seks dan hubungan asmara dari New York University berpendapat bahwa kepuasan seksual tidak bisa hanya dinilai dari seberapa sering Anda berhubungan seks tapi lebih kepada kualitas komunikasi yang terbuka.

Levkoff juga menambahkan bahwa keintiman rumah tangga juga tidak hanya bisa didapatkan terbatas dari seks saja. Aktivitas lain, seperti memeluk, berpegangan tangan, mencium, pergi berkencan, hingga bekerja sama beres-beres rumah juga dapat mempererat ikatan batin Anda berdua.

Tidak ada patokan angka yang terstandar untuk mewajibkan Anda berapa kali harus bercinta dalam seminggu. Meski begitu, seks tetap menjadi salah satu faktor penting yang dapat membantu meningkatkan keintiman rumah tangga.

Nah, agar Anda dan pasangan bisa menjadikan seks sebagai rutinitas rumah tangga, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah untuk menjaga gelora asmara tetap membara.

1. Bikin jadwal yang tepat

Jangan jadikan kesibukan pekerjaan dan mengurus anak sebagai alasan untuk mangkir dari sesi bercinta. Yang ada, gairah Anda berdua lama-lama justru bisa padam total tak terselamatkan.

Baiknya duduk berdua untuk berembuk membuat jadwal bercinta yang bisa sama-sama disepakati. Sama seperti membuat jadwal meeting di kantor, mencatat jadwal seks di kalender akan secara langsung membuat Anda tersadar untuk mengosongkan waktu dan menjadikannya sebagai prioritas. Pilihlah hari di mana Anda dan pasangan sama-sama tidak terlalu sibuk.

2. Bangun mood seksi untuk bercinta

Gairah seks yang tidak klop itu wajar, tapi tentunya tidak boleh dibiarkan. Di sisi lain, Anda juga tidak boleh memaksa jika pasangan sedang merasa capek dan tidak mood untuk berhubungan seks. Begitu pula sebaliknya jika Anda yang merasa capek, jangan langsung mentah-mentah menolak rayuannya untuk bermesraan.

Untuk menyiasati suasana rumah tetap romantis dan intim, Anda berdua bisa lakukan hal-hal lain yang membangkitkan gairah tanpa harus buka baju. Misalnya pergi makan malam romantis, berikan pijatan, atau sekadar kelonan di atas ranjang dengan berpelukan dan berciuman.

Anda juga bisa menawarkan memberikan “jasa” seks oral atau handjob saat ia benar-benar tidak punya tenaga yang tersisa.

Pada intinya, terlepas dari harus berapa kali Anda berhubungan seks dalam seminggu, komunikasi dan pengertian adalah kunci dari kehidupan seks yang memuaskan.

Baca juga:
Apakah Penis Kecil Artinya Pria Kurang Subur?
Letak Klitoris Wanita Ternyata Bisa Memengaruhi Orgasme
6 Penyebab Kenapa Wanita Susah Orgasme