Sulit Mencapai ‘Puncak’ Saat Seks? Ini Tips Mendapatkannya

119
(Foto: Maze Women's Sexual Health)

Jakarta – Orgasme seringkali jadi masalah yang cukup genting bagi wanita. Ketika kamu tak kunjung orgasme, jangan panik, ada banyak alasan yang melatarbelakanginya dan tentu saja ini bisa dicari jalann keluarnya.

Menurut terapis seks dari New York, Stephen Snyder, MD, penulis ‘Love Worth Making: How to Have Ridiculously Great Sex in a Long-Lasting Relationship’, orgasme adalah refleks yang normal terjadi.

“Refleks orgasme layaknya refleks bersin: Ini dimulai dengan pengalaman sensori — katakanlah lada yang terhirup hidung, yang jika cukup intens memicu reaksi yang sangat sulit untuk ditahan (yaitu bersin). Akhirnya, ada perasaan lega, ya ‘bersin’ itu sendiri,” Synder mengibaratkan.

“Ini hanya masalah meletakkan ‘lada’ yang cukup di tempat yang tepat, kamu tahulah maksud aku,” kata Dr Snyder. Nggak mudeng? Maksudnya adalah memberikan sentuhan yang tepat pada area yang tepat pada wanita.

Terus kenapa dong sulit banget orgasme? Bukan berarti ada yang salah denganmu. Ada banyak faktor secara mental dan fisiologis yang berkontribusi pada ketidakmampuan mencapai orgasme. Penyakit seperti multiple sclerosis dan Parkinson misalnya. Pasca operasi dan usia juga turut mempengaruhi. Belum lagi dari segi emosional — yang mana pengaruh banget buat perempuan.

Intinya yang harus kamu lakukan pertama kali adalah evalusi, apa yang menjadi masalah utamamu kesulitan mencapai orgasme.

“Kadang-kadang menemukan cara terbaik untuk orgasme hanyalah masalah mengeksplorasi apa yang cocok untukmu,” kata Dr Snyder. “Cara termudah untuk mempelajari hal ini adalah dari dirimu sendiri — bukan dengan pasangan, karena kamu bisa mementingkan diri sendiri tanpa khawatir hal itu akan menghidupkan atau mematikan gairah pasanganmu atau berapa lama waktu yang dibutuhkan (untuk mencapai orgasme),” sarannya.

Meski begitu, ada saja wanita yang masih mengalami kesulitan dalam mencapai orgasme meski sudah mempraktikkan hal tersebut. Dr. Snyder menyarankan cobalah alat bantu seks atau sex toys dengan vibrator atau mainan lainnya, yang dibuat dengan tujuan mencapai orgasme yang lebih mudah.

 

Baca juga: Rawr! Dear Ladies, Puaskan Suami di Ranjang dengan 5 Posisi Ini