9 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini pada Pria

103
(Foto: Maze Men's Health)

Jakarta – Ejakulasi dini merupakan disfungsi seksual yang banyak dialami kaum pria. Kamu dapat mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

Ejakulasi dini adalah kondisi ketika seorang pria mengeluarkan sperma terlalu cepat saat berhubungan intim. Hal ini membuat ejakulasi terjadi sebelum atau sesaat setelah penetrasi seksual.

Ada banyak penyebab yang menjadi pemicu terjadi ejakulasi dini. Mulai dari merasa tidak nyaman, ketakutan, tidak dapat mengontrol diri, depresi, atau bisa pula disebabkan oleh sakit yang diderita. Butuh pemeriksaan medis secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab pastinya.

Bagi kamu yang mengalami ejakulasi dini, kamu dapat mengatasi dengan pengobatan maupun dengan beragam teknik khusus. Berikut beberapa cara yang dapat membantu.

1. Mengobati Dengan Obat Alami

Menyembuhkan ejakulasi dini secara alami dapat dengan pengobatan herbal, salah satu cara yaitu dengan menggunakan cengkeh. Cengkeh yang dicampur ginseng dan kayu manis dibuat berbentuk krim disebut-sebut dapat membantu mengatasi ejakulasi dini.

2. Penekanan Batang Penis

Untuk mencegah terjadinya ejakulasi dini saat berhubungan seksual, tekan batang penis dengan dua jari saat kamu merasa akan mengeluarkan sperma. Cara ini mungkin tidak terlalu banyak dilakukan karena menimbulkan rasa kurang nyaman. Namun, dengan penekanan ini akan membuat ejakulasi tertunda.

3. Lebih Banyak Berhubungan Seksual

Salah satu penyebab terjadinya ejakulasi dini dapat disebabkan karena kecemasan akan performa seksual. Dengan meningkatkan hubungan seksual dengan pasangan, kamu akan membangun kenyamanan dan berbagi kekurangan atau kelebihan yang dimiliki.

4. Mengonsumsi Obat Untuk Menunda Orgasme

Pada kasus ejakulasi dini akibat gangguan medis, dokter biasanya akan meresepkan obat-obatan untuk menunda terjadi ejakulasi dini. Obat yang diberikan biasanya mengandung antidepresan dan analgesik. Namun, penggunaan obat-obatan ini dapat berakibat pada penurunan gairah seksual.

5. Senam Kegel

Ejakulasi dini dapat disebabkan oleh lemahnya otot dasar panggul. Dengan melakukan senam kegel, kamu dapat menguatkan otot-otot dasar panggul. Lakukan gerakan senam kegel ini tiga kali dalam sehari.

6. Masturbasi

Masturbasi lebih awal dapat menjadi salah satu cara alami mengatasi ejakulasi dini. Melakukan masturbasi dapat mengalihkan pikiran untuk tidak melakukan ejakulasi lebih awal. Ketika kamu mulai bisa mengendalikan tubuh, kamu dapat melanjutkan penetrasi seksual dengan tempo yang lebih cepat. Mulai cari rangsangan tubuh pasangan untuk dapat membangkitkan gairah dan lakukan hingga waktu orgasme diinginkan tiba.

7. Menggunakan Kondom Mengandung Anastesi

Menggunakan kondom yang mengandung obat anastesi bisa menolong tidak terjadinya ejakulasi dini. Terdapat cairan pelumas pada kondom yang berguna untuk menahan ejakulasi. Menggunakan cara ini dapat meningkatkan kualitas hubungan seksual dan kepuasan maksimal.

8. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung zat seng dan magnesium dapat menjadi cara mengatasi ejakulasi dini. Beberapa makanan yang dianjurkan yaitu tiram, biji labu, kedelai, yoghurt, bayam, sereal gandum, kacang almond, kacang merah, buncis, dan masih banyak lainnya.

9. Latihan Relaksasi

Cara menghindari terjadinya ejakulasi dini dapat dengan mengatasi ketegangan dan kecemasan. Untuk menghindari ketegangan dan kecemasan tersebut, kamu dapat melakukan relaksasi dengan berbaring sambil mendengarkan musik.

Kamu juga dapat melakukan konseling atau psikoterapi dengan psikolog. Psikolog dapat membantu mencari akar permasalahan penyebab terjadinya ejakulasi dini.

Kamu dapat melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasi ejakulasi dini. Jika sudah mencoba beberapa cara tersebut namun masih tidak mendapatkan hasilnya, kamu dapat berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Selamat mencoba!