3 Tips Merawat “Mr. P”

100
3 Tips Merawat MR. P
3 Tips Merawat MR. P . (Foto: MataNaga)

MataNaga – Merawat penis tak boleh sembarangan. Pasalnya, alat reproduksi pria ini sangat sensitif. Salah perawatan justru bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Nah, guna menghindari hal tersebut, berikut panduan merawat alat reproduksi pria:

1. Bersihkan penis dengan cara yang benar
Membersihkan penis tak sekadar membasuhnya dengan air saja. Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan agar kesehatan penis bisa terjaga dengan baik.

Setelah berkemih, bilas area pangkal penis termasuk testis dan rambut kemaluan dengan air bersih. Pastikan daerah pangkal testis dan anus juga bersih dan bebas bau. Setelah itu, keringkan area tersebut dengan baik dan menyeluruh.

Hindari menaburkan bedak, menyemprotkan deodoran, atau menggunakan sabun pewangi karena bisa menyebabkan iritasi kulit.

Selain berkemih, Anda juga dianjurkan untuk membersihkan penis sebelum dan setelah berhubungan seksual. Hal yang sama juga berlaku apabila Anda selesai melakukan masturbasi.

2. Pilih celana dalam yang tepat
Di pasaran, terdapat banyak sekali pilihan celana dalam untuk pria. Secara umum, pilihlah celana dalam yang berbahan katun dan tidak ketat.

Dikutip dari laman Healthline, peningkatan suhu di area penis dan skrotum tidak baik untuk sperma. Hal ini disampaikan oleh Dr. Tomer Singer, asisten dosen di Hofstra School of Medicine sekaligus ketua endokrinologi di Manhattan Hospital. Yang tak kalah penting, jangan lupa untuk rutin ganti celana dalam setiap hari.

3. Pakai kondom
Kondom berguna untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tak diinginkan. Lebih jauh, kondom juga dapat membantu Anda terhindar dari risiko penyakit kelamin.

Baca juga:
6 Penyebab Penis Sakit
Apakah Penis Kecil Artinya Pria Kurang Subur?
7 Cara Memperbesar Ukuran Penis Tanpa Obat