6 Buah-buahan yang Jago Hempaskan Sel Kanker

7518
ilustrasi.

MataNaga – Disukai atau tidak, kanker masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit ini belum memiliki obat aslinya yang benar-benar mengatasi sel-sel kanker di tubuh kita. Ditambah dengan gaya hidup yang tak sehat seperti merokok, pola makan, alkohol, hingga polusi, semua itu membuat sel-sel kanker semakin mengganas.

Mengingat penyakit ini belum memiliki obat, satu-satunya yang bisa dilakukan adalah mencegahnya. Bila pun sudah ada bibit kanker di tubuh kita, dapat dicegah penyebarannya dengan gaya hidup sehat.

Ternyata, tanpa disadari, beberapa buah yang sering ada di pasaran bisa mencegah tumbuhnya sel kanker di tubuh, lho. Mengkonsumsi semua atau salah satunya membantu Anda mengurangi keganasan penyakit ini. Buah apa saja? Berikut ulasannya.

Anggur

Buah Anggur

Buah ini kaya akan flavonoid, yang mengandung properti antioksidan dan antiinflamasi. Dalam dunia medis, anggur adalah buah paling baik untuk memerangi kanker. Tak hanya anggur berefek kuat dalam mencegah kerusakan sel yang disebabkan penyakit ini, buah tersebut juga bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker di usus, perut, lever, dan payudara.

Pepaya

Buah Pepaya

Murah meriah dan mudah ditemukan di mana-mana, pepaya sering dikategorikan sebagai superfood lantaran mampu memerangi sel kanker menggunakan antioksidan likopen yang terkandung di dalamnya. Terutama di area serviks, prostat, lever, paru-paru, dan pankreas. Ditambah lagi, pepaya tidak memiliki efek buruk apapun terhadap sel-sel sehat yang masih berfungsi baik bagi tubuh.

Alpukat

Alpukat

Tak hanya enak dijadikan jus, alpukat yang berwarna hijau kekuningan ini memberikan pasokan avocation B  yang berlimpah, yang menargetkan sel punca yang terkena kanker.

Avocation B sendiri adalah lemak baik yang hanya ada di alpukat. Sementara bagian daging buahnya yang berwarna kehijauan juga mengandung karotenoid yang bermanfaat melawan pembentukan tumor.

Jeruk

Buah Jeruk

Tak ada yang meragukan manfaat buah-buahan sitrus seperti jeruk bagi kesehatan. Buah ini selalu memberiikan hasil yang baik dari penelitian ilmiah apa pun. Ini karena mereka kaya akan vitamin C.

Jeruk melindungi tubuh dari nitrosamines, yang bisa memunculkan kanker pada saluran pencernaan. Limolene, nutrisi yang ditemukan pada kulit jeruk, memiliki peran penting dalam mengaktifkan antioksidan yang akan mendetoksifikasi sistem enzim

Apel

Apel

Satu buah apel sehari, penyakit akan menjauh dari kehidupan Anda. Ini yang sering didengar. Bukan hanya sebagai kata-kata bijak, namun nyata adanya. Apel sangat efektif melawan berbagai penyakit termasuk kanker.

Kulit buah apel membawa triterpenoids, yang bisa memicu maspin, protein yang bisa menekan pertumbuhan kanker. Mastin telah terbukti aktif dalam memerangi sel kanker pada prostat dan payudara.

Stroberi

Stroberi

Stroberi juga kaya akan vitamin C, dan berbagai jenis phytonutrients, flavonoids, dan polifenol. Semua nutrisi ini sangat ampuh sebagai agen anti-karsinogen, yang bekerja secara efektif pada kulit, kandung kemih, paru-paru, esofagus, dan payudara.