5 PEMAIN POKER TERBAIK SEPANJANG SEJARAH

444

Hal yang menarik tentang poker adalah bahwa ini adalah permainan yang bisa dimainkan oleh semua lapisan masyarakat. Siapa pun dengan kesabaran untuk berlatih dan pengetahuan yang baik tentang permainan tersebut, dapat membangun strategi poker yang efektif dan bahkan berpartisipasi dalam turnamen profesional.

Namun, seperti layaknya bidang lain, menjadi ahli poker membutuhkan keterampilan dan waktu bertahun-tahun untuk dikuasai oleh seorang pemain. Bila sudah menguasainya, barulah Anda bisa disebut sebagai pemain poker yang hebat.

Seorang pemain poker yang hebat dapat diidentifikasi dengan catatan kemenangan, terutama di acara-acara besar seperti World Series of Poker (WSOP). Mereka juga akan mendapatkan hadiah uang tunai yang besar dan kenangan tak terlupakan dalam karier mereka.

Meskipun ada banyak pemain yang menjadi besar di kancah poker, lima orang ini menonjol karena latar belakang mereka yang menarik dan bakat yang mereka tunjukkan dalam karier poker sejauh ini. Berikut adalah beberapa pemain poker terbaik sepanjang masa.

  1. Chris Moneymaker

Chris Moneymaker adalah sebuah kisah klasik dari kesuksesan di poker. Pemain poker profesional Amerika ini adalah orang pertama yang memenangkan Main Event World Series of Poker setelah lolos kualifikasi dari situs web poker online.

Lahir di Georgia, Chris adalah lulusan Akuntansi dari University of Tennessee. Namanya mulai terkenal saat dia pertama kali memenangkan turnamen WSOP pada tahun 2003. Dengan raihan kemenangan sebesar $2,5 juta (Rp35,9 miliar), dia berubah menjadi orang kaya hanya dalam semalam dan merupakan awal dari kesuksesan karier profesionalnya.

Setelah kemenangannya, Moneymaker berhenti dari pekerjaannya dan mendirikan perusahaannya sendiri, Moneymaker Gaming. Pada tahun 2005, dia merilis biografinya berjudul Moneymaker: How an Amateur Poker Player Turned $40 into $2.5 Million at the World Series of Poker.

Sejak kemenangan Chris, semakin banyak pemain poker online berhasil lolos kualifikasi ke acara langsung WSOP. Namun, sebagai yang pertama, namanya tetap menjadi legenda di komunitas poker.

  1. Phil Hellmuth

Phil Hellmuth mungkin adalah pemain poker paling sukses di dunia, setelah membawa pulang total 15 gelang World Series of Poker. Lahir di Wisconsin, Hellmuth dikenal sebagai karakter yang kuat dan terkenal di masyarakat dengan julukan ‘The Poker Brat’.

Dia memilih untuk tidak melanjutkan kuliahnya demi fokus mengejar karier pokernya. Pada 2017, ia tercatat telah mengumpulkan kekayaan $21,7 juta (Rp311 miliar) dari kemenangan di berbagai turnamen poker. Rekor kemenangan terbesar Hellmuth dari satu turnamen adalah $2,6 juta (Rp37 miliar). Dia juga dikabarkan memiliki andil dalam pengembangan perangkat lunak Unibet.

  1. Vanessa Selbst

Lahir di New York, Vanessa menyelesaikan gelar dalam ilmu politik sebelum pergi ke sekolah hukum. Dia akhirnya menjadi pelatih dan produser di situs pelatihan poker online, DeucesCracked.

Selain sebagai pelatih, dia juga merupakan pemain yang sangat sukses. Selbst memegang tiga gelang World Series of Poker, setelah memenangkan hadiah besar di acara WSOP 2008, 2012 dan 2014. Dia juga memenangkan $750.000 (Rp10 miliar) di North American Poker Tour pada tahun 2010.

Total kemenangan turnamen langsungnya mencapai hingga $12 juta (Rp172 miliar). Selain masih bermain secara profesional, dia juga meluangkan waktu untuk terus menginspirasi orang lain, khususnya kaum wanita, untuk bergabung dengan komunitas poker.

Vanessa Selbst adalah salah satu dari sedikit pemain poker wanita profesional yang ada. Keberadaannya serta torehan kesuksesannya dianggap sebagai salah satu pendorong besar bagi meningkatnya jumlah pemain poker wanita. Selbst sejauh ini satu-satunya wanita yang pernah menempati peringkat pertama di Global Poker Index.

  1. Erik Seidel

Erik Seidel telah memenangkan delapan gelang yang mengesankan di acara World Series of Poker. Pada tahun 2011, ia juga memenangkan lebih dari $2 juta (Rp28,7 miliar) di Aussie Millions Poker Championship.

Sebelum karier pokernya, dia adalah seorang pedagang saham yang berbasis di kota New York. Saat mengembangkan keterampilan pokernya, ia menjadi runner up untuk Johnny Chann di turnamen WSOP pertama yang diikutinya pada tahun 1988. 

Sejak itu, dia memenangkan hadiah besar di World Poker Tour dan Europe Poker Tour. Berkat keterampilan pokernya, ia pernah menduduki peringkat sebagai pemain poker terbaik di dunia selama 15 minggu berturut-turut pada tahun 2011. Per bulan Januari 2019, penghasilan dari kemenangan di turnamen langsungnya tercatat mencapai $34,6 juta (Rp.497 miliar). 

  1. Johnny Chan

Sebagai pemenang sepuluh gelang World Series of Poker, Johnny Chan adalah nama besar di dunia poker. Chan telah memenangkan hampir $9 juta (Rp129 miliar) melalui turnamen poker langsung, dengan salah satu kemenangan terbesarnya adalah $750.000 (Rp10 miliar) dari satu turnamen.

Chan pindah bersama keluarganya pada tahun 1962 dari Guangzhou ke Hong Kong, kemudian pada tahun 1968 ke Phoenix, Arizona, dan kemudian pada tahun 1973 ke Houston, Texas, di mana keluarganya memiliki restoran. Dia mulai bermain kartu dengan staf restoran.

Ketika berusia 21 tahun, Chan keluar dari University of Houston, di mana dia mengambil jurusan manajemen hotel dan restoran dan pindah ke Las Vegas untuk menjadi pejudi profesional. 

Keputusannya tersebut berbuah manis saat ia dengan cepat memenangkan Main Event WSOP di 1987 dan 1988. Perjalan kariernya terus berkembang, dan pada tahun 2005 Chan menjadi pemain pertama yang berhasil memenangkan sepuluh gelang World Series of Poker.