6 FAKTA MENARIK PERMAINAN JUDI DOMINO

27

Selain ular tangga dan monopoli, permainan apalagi yang sudah kamu mainkan sedari kecil? Mungkin, salah satunya ialah domino. Pasalnya, permainan ini sudah ada sejak zaman dahulu dan mendunia hingga hadir di Indonesia.

Permainan domino begitu mengasyikan. Biasanya dilakukan sebagai media hiburan saat berkumpul bersama teman-teman satu tongkrongan di warung kopi atau di bawah pohon rindang. 

Bahkan, bermain domino kerap disandingkan dengan hukuman peraturan ‘nyeleneh’ bagi pemain yang mengalami kekalahan. Di antaranya merias wajah dengan tepung, lipstik hingga spidol. Pemain yang sering kalah sudah pasti menjadi bulan-bulan pemain lainnya. 

Lebih jauh tentang permainan ini, apakah kalian tahu berbagai fakta menarik domino? Kalau belum, yuk cari tahu dibawah ini :

  1. Berasal dari Tiongkok

Menurut catatan sejarah, kartu domino diciptakan pada masa dinasti Teng dengan seorang raja bernama Hui Tsung. Kala itu, sang raja dihadiahi permainan domino oleh sang prajurit bernama Keung Tai.

Diketahui, Keung Tai adalah salah satu prajurit setia sang raja. Maka dari itu, dirinya berinisiatif menciptakan permainan kartu domino untuk raja sebagai hiburan mengisi waktu luang.

Sejarah lain mencatat, penemu domino lainnya adalah Hung Ming (181-234 M). Dirinya menciptakan permainan ini agar prajuritnya tetap terjaga di malam hari saat berada di dalam kamp untuk mengawasi musuh.

  1. Diperjualbelikan selama pemerintahan Kaisar Xiaozong

Melansir Idntimes.com, dalam teks tulisan berjudul Former Events in Wulin antara tahun 1232-1298 karangan Zhou Mi yang diketahui berasal dari Tiongkok selama Dinasti Yuan, domino sudah diperjualbelikan.

Dalam tulisannya, ia menyebut ‘pupai’ (domino) dan dadu sebagai barang yang dijual oleh penjaja selama masa pemerintahan Kaisar Xiaozong antara tahun 1162-1189. Bukti lainnya, yakni tulisan berjudul Encyclopedia of a Myriad of Treasures yang dibuat oleh Zhang Pu.

Dalam catatan itu dituliskan bahwa permainan ini melibatkan tentang peletakan pupai atau kartu. Dijelaskan, permainan ini memiliki 32 set kartu domino tradisional, yang berbeda dengan 28 set dari Barat yang dibuat pada pertengahan abad ke-18.

  1. Diperkenalkan kepada Bangsawan Eropa Abad ke 16

Meski banyak pendapat saling silang mengenai kapan domino masuk ke Eropa, namun, sejarawan mengatakan domino ditemukan berbarengan dengan puing-puing Mary Rose di awal abad ke-16. Sedangkan, Michael Dummett, seorang penulis buku Game of Tarot menjelaskan kartu domino pertama kali dikenalkan di Italia pada abad ke-18, tepatnya di Venesia atau Napoli.

Dari situ, domino menyebar dari Italia ke Prancis dan menjadi tren di negara tersebut. Pada akhir abad 18, domino tiba di Inggris yang kemungkinan dibawa oleh para tawanan perang Prancis dan langsung menjadi populer di penginapan atau bar kala itu.

  1. Perbedaan Domino Tiongkok dan Eropa

Perbedaan mencolok antara domino Tiongkok dan Eropa terletak pada ukuran ubinnya. Melansir Uber Games, domino Tiongkok lebih pendek ketimbang domino Eropa.

Selain itu, domino Tiongkok memiliki pips (titik atau bintik) yang menjorok dalam dua warna berbeda. Dalam bahasa Kanton, permainan ini disebut gwāt pái yang artinya ubin tulang.

Sedangkan, domino Eropa berbentuk persegi panjang yang panjangnya dua kali lipat lebarnya. Mengutip Latin Touch, set domino Sino-Eropa tradisional terdiri dari 28 kartu domino yang bisa dimainkan dengan berbagai variasi.

  1. Kata Domino berasal dari bahasa latin

Ternyata, kata domino bukan berasal dari Tiongkok. Pasalnya, saat pertama kali dipersembahkan kepada kaisar Cina, permainan domino masih menggunakan nama yang lain. Kata domino sendiri berasal dari bahasa latin ‘dominus’ yang berarti tuan rumah. Dalam bahasa Skotlandia dan Inggris ada juga kata yang merujuk ke sana, yakni ‘domini’ yang berarti kepala sekolah. 

  1. Dari konvensional hingga permainan online

Perkembangan zaman menyebabkan perubahan cara bermain kartu domino. Kini, para pemain bisa leluasa bermain secara online di PC atau smartphone. Seiring menjamurnya penyedia jasa domino di internet, para pemain bisa bertaruh tanpa perlu ke luar rumah.