7 Keterampilan Dalam Poker yang Berguna di Kehidupan Nyata

50

Poker adalah permainan matematika, peluang, dan keterampilan. Selama bertahun-tahun, poker telah meningkat secara signifikan dalam popularitas karena pengaturannya yang kompleks dan menarik bagi banyak orang. Sayangnya, banyak yang cenderung mengabaikan pelajaran hidup yang dapat diambil dari permainan ini.

Poker adalah permainan pikiran yang mengharuskan seseorang untuk melibatkan bagian analitis, matematis, dan interpersonal dari otak mereka untuk menemukan kesuksesan. Dalam beberapa permainan, poker bahkan akan mendorong ketahanan fisik Anda hingga batasnya karena Anda harus duduk diam dalam waktu lama sambil menjaga bahasa tubuh dan ekspresi wajah senetral mungkin.

BACA JUGA

Jadi sebenarnya, banyak keterampilan yang harus dimiliki pemain poker yang ternyata juga berguna di kehidupan nyata. Nah, jika Anda belum memahami sepenuhnya apa saja itu, berikut 7 keterampilan poker yang berguna dalam kehidupan nyata:

  1. Penambah Konsentrasi

Bermain poker membutuhkan tingkat konsentrasi yang luar biasa tinggi, itu sudah pasti. Kartu tidak bisa tersusun dengan sendiri dan dibutuhkan analisis matematis agar Anda dapat membuat kemajuan. Anda tidak hanya harus fokus pada kartu, tetapi juga wajah lawan Anda.

Bagian penting dari permainan ini adalah menganalisis bagaimana mereka menangani kartu, gerakan tubuh, dan tanda-tanda lain tentang kartu yang dipegang oleh lawan.

Dalam poker, kehilangan fokus dapat menyebabkan pemain mengalami kerugian yang signifikan. Melatih pikiran untuk fokus dalam waktu lama akan membantu Anda memenangkan lebih banyak permainan poker dan itu juga akan membantu Anda dalam aspek kehidupan lain di luar permainan yang membutuhkan level konsentrasi tinggi.

  1. Kematangan Emosi

Poker dapat membawa Anda dalam perjalanan bergelombang dalam hal emosi selama pertandingan. Anda mungkin mulai merasa bersemangat, merasa stres di tengah jalan, dan akhirnya merasa cemas.

Nah saat bermain poker, apapun emosi yang saat itu sedang terjadi dalam diri, Anda harus menjaga wajah tetap lurus sepanjang waktu. Jika tidak, Anda dapat memberikan petunjuk penting ke lawan dan akhirnya mengalami kekalahan karena hal tersebut. 

Yang jelas, Anda tidak dapat mengungkapkan situasi kartu yang sedang dipegang melalui ekspresi wajah Anda. Jadi, mempertahankan tingkat kontrol emosi yang ketat sangat penting dalam poker.

Jika Anda sudah bisa melakukan kontrol emosi yang baik dalam poker, dijamin Anda juga bisa melakukan hal tersebut saat menemui situasi tertentu dalam kehidupan nyata.Contohnya, seorang pelanggan mengajukan keluhan ke Anda dengan marah-marah, maka Anda bisa menghadapinya dengan tetap tenang dan muka tersenyum karena sudah terlatih dalam poker.

  1. Keterampilan Membuat Keputusan

Dalam poker, tidak boleh ada keraguan. Keragu-raguan sesaat ketika akan mengambil langkah bisa menjadi hal yang membuat Anda menelan kekalahan. Seorang pemain diharuskan untuk menghadapi masalah poker apa pun dengan cara probabilistik.

Pandangan ini akan membantu pemain menganalisis permainan dari beberapa sudut pandang yang berbeda sambil memikirkan peluang dari pilihan mereka dan akhirnya membuat keputusan sebaik mungkin.

Poker adalah permainan yang terus-menerus mengharuskan Anda untuk membuat keputusan yang rumit dan setelah beberapa saat, Anda akan terbiasa dengan ini dan dapat menggunakan keterampilan tersebut dalam aspek kehidupan lainnya.

  1. Keterampilan Observasi

Bermain poker akan membantu Anda meningkatkan daya ingat dan belajar mengamati orang secara efisien. Selama bermain poker, Anda tak hanya harus memperhatikan kartu sendiri, tapi juga kartu dan gerak-gerik lawan. 

Dengan pengamatan cermat Anda bisa menebak situasi kartu lawan dan mengambil langkah tepat untuk menghadapinya. Di luar poker, kemampuan observasi akan sangat membantu Anda dalam berbagai situasi yang melibatkan negosiasi atau interaksi dengan pihak lain.

  1. Menghargai Persaingan Sehat

Poker memberi Anda kesempatan untuk bermain melawan yang terbaik. Dengan bermain melawan pemain-pemain poker yang lebih jago, Anda akan mulai mendapatkan lebih banyak kepercayaan diri dan meningkatkan keterampilan. Anda akan belajar menganalisis permainan mereka dan mengambil keterampilan khusus dari mereka.

Poker mengajarkan Anda untuk mendorong diri sendiri dan belajar dari orang lain. Anda akan segera mulai melihat diri Anda menganalisis tindakan orang lain dalam kehidupan sehari-hari, mengambil keterampilan mendalam dalam prosesnya.

  1. Tegar Menghadapi Masalah

Keberuntungan tentu berperan saat bermain poker, tetapi bagian terpenting dari poker adalah belajar menangani kartu yang telah Anda terima. Memang, menang atau kalah dalam permainan apa pun sering dikaitkan dengan kartu yang Anda dapatkan sejak awal. 

Namun dalam poker, saat Anda menerima tantangan (kartu buruk), Anda tidak perlu langsung fold. Pemain poker berpengalaman tahu bagaimana menghadapi situasi dengan tetap tenang meski mendapat kartu awal yang kurang bagus. Bahkan, tak jarang mereka malah menang.

Nah, pemain dapat menggunakan hal yang sama untuk situasi sehari-hari dalam kehidupan. Poker mengajarkan Anda untuk menghadapi apapun masalah yang datang dalam hidup dan memanfaatkan situasi apa pun untuk mencari kemenangan.  

Jika Anda sudah terbiasa menghadapi kartu apa pun yang datang dengan tegar dari bermain poker, maka apa pun yang datang menerjang di kehidupan nyata pasti bisa Anda hadapi pula.

  1. Tidak Pernah Bias

Mungkin bagian yang paling menantang dari Poker adalah tidak membiarkan pendapat atau keyakinan yang terbentuk sebelumnya mengaburkan penilaian Anda. Pemain terbaik selalu datang ke setiap pertandingan dengan pikiran jernih dan bebas dari bias apa pun.

Anda dapat mengatakan hal yang sama dalam banyak skenario kehidupan; jangan biarkan emosi atau ketakutan Anda meyakinkan Anda tentang sesuatu yang Anda tahu bahwa secara rasional tidak demikian. Tetap berkepala dingin dan cari tanda-tanda yang mungkin menunjukkan sesuatu yang berbeda.

Jadi jelas bukan? Poker adalah permainan yang membutuhkan kecerdasan emosional ekstrim serta ketahanan fisik dan mental. Anda perlu melatih otak, tubuh, dan mental untuk bisa melakukannya dengan baik dalam permainan. Nah, semua hasil latihan untuk poker itu ternyata dapat membantu diri Anda sendiri dalam kehidupan sehari-hari lainnya.