6 Kisah dari Sejarah Nama-nama Kota yang Konyol

233

MataNaga – Anda barangkali pernah mendengar nama-nama tempat yang lucu karena kebetulan bermakna lain dalam bahasa tertentu. Rupanya nama-nama ini bukannya asal saja diberikan, melainkan memiliki sejarahnya sendiri.

Seperti keenam nama lokasi di bawah ini yang terdengar kocak, sebagaimana dinukil dari Bright Side.

Shitterton, Inggris

Shitterton, Inggris

Shitterton adalah sebuah desa kecil di Dorset, Inggris. Asal muasal namanya masih simpang siur. Namun salah satu teori menyebutkan bahwa nama itu berarti “sebuah desa di sungai yang dimanfaatkan sebagai saluran pembuangan terbuka”. Papan nama desa yang mengandung kata bermakna “kotoran” ini sering dicuri sebagai kenang-kenangan. Maka kini papan nama dibuat dari batu marmer.

Gotham, Inggris

Sayangnya, Anda tak bisa bertemu Batman di Kota Gotham satu ini. Gotham di dunia nyata hanyalah berupa desa kecil di Nottinghamshire. Nama ini berasal dari bahasa Inggris kuno yang berarti “rumah kambing”.

Boring, Amerika Serikat

Tidak, Anda tidak akan bosan saat mengunjungi lokasi di Oregon ini. Boring berasal dari nama seorang tentara Union bernama William Harrison Boring. Ia adalah orang pertama yang tinggal di sini bersama keluarganya pada 1856.

Middelfart, Denmark

Ya, papan nama ini membuat para pengendara tergelitik saat melewatinya karena mengandung kata “fart” yang berarti “kentut”. Aslinya, kota ini disebut Mæthælfar pada 1231 yang berarti “jalan tengah”. Ini sebenarnya nama yang umum bagi orang Denmark, tetapi akan terasa lucu bagi para penutur bahasa Inggris.

No Name, Amerika Serikat

No Name adalah sebuah kota di Garfield County, Colorado, Amerika Serikat. Tempat ini berdekatan dengan No Name Creek dan No Name Canyon. Ada beberapa cerita asal muasal nama ini. Namun yang paling populer adalah gara-gara pertanyaan survei yang hendak mencatat nama kota ini.

Sebagian besar warga di situ menulis “No Name” di bagian nama kota. Petugas pun mencatat “No Name” di catatan negara bagian. Kemudian ada upaya untuk mengganti nama ini tetapi tak ada yang berhasil mengubahnya.

Obama, Jepang

Kota Obama di Jepang rupanya tak ada kaitannya dengan Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama selain ejaannya. Obama sendiri berarti “pantai kecil” dalam bahasa Jepang.