Barcelona Berencana Pecat Quique Setien di Akhir Musim

26
Quique Setien
Karir Quique Setien di Barcelona Segera Berakhir. (Foto: FC Barcelona Noticias)

Jakarta – Tampil inkonsisten hingga kehilangan titel LaLiga, Barcelona berada di situasi yang tak menyenangkan. Manajemen disarankan mulai memikirkan pergantian pelatih. Tapi apakah ini waktu yang tepat memecat Quique Setien?

Barcelona membuang keunggulan yang dibangun sebelum jeda lockdown usai tampil angin-anginan sejak kompetisi restart. Dari 10 pertandingan yang dijalani selepas dicabutnya penangguhan kompetisi akibat pandemi, Blaugrana cuma meraih enam kemenangan, dengan tiga laga berakhir imbang dan satu lainnya kalah.

Hasil-hasil itu membuka jalan untuk Real Madrid menyalip dan menyegel gelar juara. Los Blancos memastikannya usai menang 2-1 atas Villarreal, Jumat (17/7) kemarin, di mana pada saat yang bersamaan Barcelona kalah 1-2 dari Osasuna.

Real Madrid juara Liga Spanyol dengan torehan 86 poin dari 37 pertandingan, unggul tujuh poin dari Barcelona di posisi dua. Satu laga tersisa tak akan berarti lagi dalam persaingan kedua tim tersebut.

Usai gagal mempertahankan gelar, megabintang Barcelona Lionel Messi mengkritik klubnya sendiri. Ia menuntut adanya perbaikan menyeluruh dan segera, jika masih ingin menyelamatkan musim dengan peluang di Liga Champions.

Tapi justru itu yang kini memicu tanda tanya. Eks gelandang Barcelona Rivaldo mempertanyakan apakah klub Catalunya itu akan tetap mempertahankan Quique Setien di kursi pelatih, setelah apa yang terjadi sejauh ini, untuk memimpin tim di Liga Champions?

“Sekarang isu besarnya yang dihadapi Barcelona adalah apakah harus ada pergantian pelatih sebelum Liga Champions. Dan sejujurnya, saya rasa hal yang bikin Presiden (Josep Maria) Bartomeu sakit kepala,” kata Rivaldo kepada Betfair, dilansir Marca.

“Menurut saya, dia harus memikirkan soal pergantian pelatih. Para suporter dan media kecewa dengan kinerja Setien dan cara bermainnya, dan itu memperkuat ide bahwa perubahan harus diterapkan sekarang,” imbuhnya.

Di Liga Champions, Barcelona dalam posisi imbang 1-1 dengan Napoli menuju leg kedua. Pertandingan leg kedua akan digelar di Camp Nou pada 9 Agustus mendatang.