Marc Marques Akan Menjalani Operasi Patah Tulang di Barcelona

27
Marc Marques
Marc Marques Akan Menjalani Operasi Patah Tulang di Barcelona. (Foto: MainMain.id)

Jakarta – Rider Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami retak tulang lengan atas setelah gagal finish di MotoGP Spanyol, Minggu (19/7/2020). Ia crash atau jatuh ketika balapan tinggal tersisa 4 lap lagi.

Marquez mendapat pertolongan medis dan hasil pemindaian menunjukkan ada keretakan pada tulang humerus atau lengan atas. Marquez akan menjalani operasi di Barcelona untuk mengatasi keretakan tersebut.

Apa itu tulang humerus?

Dikutip dari Healthline, humerus merupakan tulang memanjang pada lengan atas yang menghubungkan bahu dengan siku. Di bagian siku, tulang ini terhubung dengan tulang ulna dan radius di lengan bawah.

Apa penyebab retak di bagian itu?

Benturan apapun bisa memicu retak pada tulang humerus, namun posisi jatuh bisa mempengaruhi bagian mana yang paling rentan keretakan. Jatuh dengan lengan terbuka misalnya, lebih sering memicu retak di bagian mid-shaft atau tengah dan proximal atau bagian yang dekat bahu.

Benturan keras seperti kecelakaan mobil atau tackle saat main bola lebih sering memicu retak di bagian distal atau dekat dengan siku.

Retak tulang lengan atas juga bisa berupa retak patologis, yang terjadi karna perlemahan tulang. Osteoporosis dan kanker tulang bisa memicu retak patologis pada tulang humerus.

Berapa lama pemulihannya?

Ada banyak cara mengatasi retak tulang humerus, tergantung jenis dan tingkat keparahannya. Umumnya, butuh operasi pada retak yang relatif serius berdasarkan hasil pemindaian.

Lamanya masa pemulihan juga dipengaruhi banyak faktor. Dengan atau tanpa operasi, biasanya butuh waktu beberapa pekan untuk benar-benar pulih. Selama masa pemulihan, dokter akan melakukan evaluasi dan mungkin fisioterapi.