Bali United Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala AFC 2020

21
Piala AFC 2020
Bali United berniat menjadi tuan rumah Piala AFC 2020. (Foto: Bali United)

Jakarta – Bali United berniat menjadi tuan rumah lanjutan fase grup Piala AFC 2020. Manajemen Serdadu Tridatu pun berharap nasib ajang ini bisa segera diketahui.

Niatan Bali United bermula dari mundurnya Vietnam sebagai tuan rumah Grup F (Ho Chi Minh) dan G (Quang Ninh). Pada akhirnya Vietnam menyatakan tak sanggup untuk menggelar laga lanjutan fase grup Piala AFC karena gelombang kedua COVID-19 di sana.

Melihat peluang tersebut, Bali United pun mengirim surat ke AFC. Intinya, Bali menyatakan siap menjadi tuan rumah laga sisa babak grup Piala AFC.

Namun, keinginan Bali United tak bisa terwujud begitu saja. Karena, bukan cuma grup di zona ASEAN saja yang tuan rumahnya menyatakan mundur.

Kondisi yang sama juga terjadi zona Barat dan Selatan. Bahrain, Kuwait, hingga Yordania mengundurkan diri sebagai tuan rumah zona Barat. Begitu juga dengan Maladewa yang mengurungkan niatnya menjadi tuan rumah zona Selatan.

Dengan kondisi itu, nasib Piala AFC pun menjadi tak menentu. Manajemen Bali United mengungkapkan akan ada keputusan dari AFC pada tanggal 8 September.

“AFC menyatakan ada lima grup yang tidak mendapatkan home (tuan rumah) untuk saat ini. Semuanya sedang didiskusikan kembali oleh Komite Kompetisi AFC,” kata CEO Bali United Yabes Tanuri kepada wartawan merespons kabar Bali United menjadi tuan rumah Piala AFC.

“Jadi tunggu kabar lagi. Kami juga sedang menunggu kabar dari AFC. Katanya diputuskannya sih tanggal 8 September. Jadi untuk saat ini keputusannya belum diketahui,” ujarnya menambahkan.

Adapun jadwal awal lanjutan fase grup Piala AFC 2020 rencananya akan digelar pada 23-29 September untuk zona ASEAN. Sementara zona Asia Barat, Selatan, Tengah dan Timur digelar pada 20 Oktober-4 November.

Bukan cuma Piala AFC yang nasibnya akan ditentukan pada 8 September. Piala Asia U-16, U-19 dan Piala Asia Futsal 2020 juga akan ditentukan AFC pada hari yang sama.

Hal itu diketahui dari pengumuman Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang mengindikasikan Piala Asia U-19 2020 kemungkinan akan ditunda. Namun kepastian itu baru akan diketahui pada 8 September setelah keputusan diambil oleh AFC.

“Kemungkinan besar (Piala Asia U-19) akan dibatalkan (ditunda),” kata Mochamad Iriawan di sela-sela latihan Timnas U-19 pada, Jumat (28/8).