Hasil Liga Europa: Calhanoglu Dua Gol, Milan Menang 3-2 atas Bodo/Glimt

26
AC Milan vs Bodo/Glimt, Liga Europa, Jumat (25/9/2020) dini hari WIB. (Foto: ilmilanista.it)

MatanagaAC Milan lolos ke babak play-off Liga Europa. Rossoneri melaju usai menang 3-2 atas Bodo/Glimt berkat dua gol dari Hakan Calhanoglu.

Milan menjamu Bodo/Glimt di putaran ketiga kualifikasi Liga Europa. Bertanding di San Siro, Jumat (25/9/2020) dini hari WIB, Milan tampil tanpa Zlatan Ibrahimovic yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Untuk menggantikan Ibrahimovic, Milan menurunkan penyerang berusia 18 tahun, Lorenzo Colombo, di lini depan. Colombo kemudian menandai laga perdananya sebagai starter itu dengan mencetak satu gol.

Milan sendiri sempat kebobolan lebih dulu setelah tim tamu unggul berkat gol Kasper Junker. Namun, mereka kemudian mencetak dua gol lewat Calhanoglu dan Colombo untuk memimpin 2-1 saat jeda.

Usai turun minum, Calhanoglu menambah keunggulan Milan di menit ke-50. Bodo/Glimt yang terus memberi perlawanan cuma mampu menambah satu gol lewat Jens Hauge untuk menipiskan skor.

Lolos ke play-off, Milan akan menghadapi tim Portugal, Rio Ave, yang sebelumnya menyingkirkan Besiktas.

Jalannya Pertandingan

Bodo/Glimt mengejutkan tuan rumah dengan mencetak gol lebih dulu di menit ke-15. Kasper Junker menaklukkan Gianluigi Donnarumma dengan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Jens Hauge bergerak dari sisi kiri dan masuk ke kotak penalti setelah melewati Davide Calabria. Hauge kemudian melepaskan umpan kepada Junker yang ada di depan gawang Milan.

Milan tak butuh waktu lama untuk mencetak gol balasan. Satu menit kemudian, Hakan Calhanoglu membawa Milan menyamakan kedudukan. Dia menerima bola dari Ismael Bennacer dan kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Milan mengancam lewat Bennacer. Menerima bola dari Calhanoglu, Bennacer tinggal berhadapan dengan kiper Bodo/Glimt, Nikita Haikin. Namun, tembakan Bennacer justru mengarah tepat ke Haikin.

Milan terus menekan. Lorenzo Colombo melepaskan sepakan melengkung yang memaksa Haikin melakukan penyelamatan.

Milan berbalik unggul di menit ke-32. Theo Hernandez melakukan penetrasi dari sisi kiri dan kemudian melepaskan umpan ke kotak penalti. Bola yang sempat dibelokkan oleh Calhanoglu kemudian disambar oleh Lorenzo Colombo yang ada di tiang jauh.

Milan memimpin 3-1 pada menit ke-50. Berawal dari tendangan sudut, bola dari Samu Castillejo diteruskan oleh Calhanoglu dengan tembakan first time yang mengarah ke pojok bawah gawang Bodo/Glimt.

Bodo/Glimt terus memberi perlawanan dan memperkecil ketertinggalan di menit ke-55. Hauge melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa diantisipasi oleh Donnarumma.

Milan sempat mencetak gol di menit ke-62. Bola terobosan dari Calhanoglu dituntaskan dengan baik oleh Daniel Maldini. Namun, hakim garis lebih dulu mengangkat bendera tanda offside.

Meski Milan unggul dalam penguasaan bola, Bodo/Glimt terlihat lebih ngotot. Tim tamu terus menekan untuk mencari gol penyeimbang.

Milan nyaris menambah gol di menit ke-81. Bola terobosan dari Maldini menemui Krunic. Karena kiper Bodo/Glimt sudah meninggalkan posisinya, Krunic memilih untuk mengangkat bola. Sial bagi Milan, Brede Moe menghalau di garis gawang.

Peluang untuk Bodo/Glimt! Junker mampu mengatasi kawalan Simon Kjaer dan kemudian melepaskan tembakan. Namun, bola masih melambung tipis di atas mistar gawang Milan.

Di injury time, Bodo/Glimt kembali melewatkan peluang untuk mencetak gol. Menerima bola dari Hauge, Saltnes menyia-nyiakan peluang setelah tembakannya dari jarak dekat melambung di atas mistar gawang.

Susunan Pemain

Milan (4-2-3-1): Donnarrumma; Calabria, Kjaer, Gabbia, Hernandez; Bennacer (Tonali 80), Kessie; Castillejo (Krunic 65), Calhanoglu, Saelemaekers; Colombo (Maldini 57)

Bodo/Glimt (4-3-3): Haikin; Sampsted (Solbakken 83), Moe, Lode, Bjorkan; Braustad Fet (Konradsen 65), Berg, Saltnes; Zinckernagel, Junker (Boniface 90), Hauge