UEFA Nations League: Polandia Tahan Imbang Italia 0-0

21
Polandia vs Italia, Di Stadion Energa Gdańsk, Senin (12/10/2020) dini hari WIB. (Foto: Goal.com)

MatanagaItalia harus puas bermain imbang tanpa gol melawan Polandia di ajang UEFA Nations League. Kedua tim begitu sedikit menciptakan peluang berbahaya.

Di Stadion Energa Gdańsk, Senin (12/10/2020) dini hari WIB, Gli Azzurri terlihat tak bergairah meski memiliki penguasaan bola 61 persen. Melepaskan 16 tembakan sepanjang laga, namun hanya dua yang mengarah ke gawang. Barisan belakang Polandia yang rapat menyulitkan gerak Andrea Belotti dkk.

Sementara itu, Polandia tak kalah melempem. Seolah ‘hanya’ mengandalkan Robert Lewandowski di depan, mereka cuma bisa membuat dua shot on goal dari empat percobaan, semuanya mudah diamankan pertahanan Italia.

Dengan hasil ini, Italia untuk sementara memuncaki klasemen Grup A1 dengan 5 poin dari 3 laga. Polandia ada di urutan ketiga dengan 4 poi dari tiga laga. Raihan itu sama dengan Belanda yang ada di posisi kedua, namun unggul head-to-head.

Jalannya pertandingan

Lorenzo Pellegrini membuka peluang bagi Italia di menit ke-10. Ia menerima umpan dari Nicolo Barella, namun sundulannya masih melebar. Semenit berselang, giliran Federico Chiesa yang gagal mencetak gol usai tembakannya meleset dari sasaran.

Italia kembali menekan di menit ke-23. Andrea Belotti berhasil melepaskan tembakan di kotak penalti, namun masih bisa dihalau kiper Polandia, Lukasz Fabianski. Chiesa kembali mendapat peluang di menit ke-29, tetapi ia kurang tenang dan tembakannya dari sudut kanan akhirnya melambung jauh.

Polandia tak diam saja. Mereka punya kesempatan di menit ke-30 lewat Kamil Jozwiak, tapi sundulannya mudah saja ditangkap kiper Italia, Gianluigi Donnarumma.

Empat menit berikutnya, Italia kembali hampir mencetak gol. Crossing mendatar dari sisi kanan kotak penalti yang dilepaskan Barella berhasil masuk ke kotak penalti Polandia, namun Pellegrini yang coba menyambutnya gagal memaksimalkan peluang. Sepakannya yang pelan mudah saja diamankan Fabianski.

Skor 0-0 pun menutup babak pertama.

Di babak kedua, Polandia memberi ancaman lebih dulu. Jakub Moder melepaskan sepakan dari luar kotak penalti di menit ke-52, tapi masih bisa diselamatkan Donnarumma.

Italia coba membalas di menit ke-64. Emerson Palmieri mendapat umpan dari Chiesa, namun sundulannya masih melebar dari target.

Arkadiusz Milik yang baru masuk di menit ke-70 langsung mendapat peluang pertama empat menit kemudian. Ia menerima umpan dari Kamil Grosicki, namun tembakannya kurang bertenaga dan mudah saja diamankan Donnarumma.

Di menit ke-80, Marco Verratti dengan cerdik melepaskan umpan terobosan kepada Emerson di kotak penalti Polandia. Tomasz Kedziora terlihat mendorongnya dan Emerson pun terjatuh, tak bisa memaksimalkan peluang. Namun wasit menyatakan play on.

Lama ditekan, Polandia keluar membahayakan gawang Italia di menit ke-89. Karol Linetty hampir saja mencetak gol, namun tembakan jarak dekatnya diblok Francesco Acerbi. Hingga peluit panjang, skor tetap imbang 0-0.

Susunan pemain

Polandia: Fabianski; Kedziora, Glik, Walukiewicz, Bereszynski; Krychowiak, Moder; Szymanski (Grosicki 60′), Klich (Milik 70′), Jozwiak (Karbownik 83′); Lewandowski (Linetty 82′).

Italia: Donnarumma; Florenzi, Bonucci, Acerbi, Emerson; Barella (Locatelli 78′), Jorginho, Verratti; Chiesa (Kean 70′), Belotti (Caputo 83′), Pellegrini (Berardi 83′).